4 Jan 2021 18:00

Penundaan Pembelajaran Tatap Muka, Sekolah Wajib Ikuti Surat Edaran 

Penundaan Pembelajaran Tatap Muka, Sekolah Wajib Ikuti Surat Edaran 

Kaganga.com, Palembang - Surat Edaran (SE) tentang Penundaan Pembelajaran Tatap Muka untuk Semester Genap 2020/2021 harus diikuti seluruh daerah yang ada di Provinsi Sumsel. Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel, H Herman Deru saat diwawancarai di Kantor Gubernur Sumsel, Senin (04/01/2021).  

Deru mengatakan, SE No.420/12553/Disdik.SS/2020 tentang Penundaan Pembelajaran Tatap Muka untuk Semester Genap 2020/2021 yang dikeluarkan pihaknya harus diikuti seluruh daerah yang ada di Provinsi Sumsel.

"Selama virus Covid-19 masih menyebar luas maka seluruh daerah yang ada di Provinsi Sumsel harus mengikuti SE yang telah dikeluarkan," katanya 

Dalam SE tersebut ada tiga poin yaitu memperhatikan data perkembangan konfirmasi Covid-19 di Sumsel, masukan tim ahli gugus tugas dan instansi terkait, bahwa kondisi saat ini masih rentan penularan Covid-19.

"Oleh sebab itulah kita himbau kepada Bupati dan Wali Kota se Provinsi Sumsel untuk menunda pembelajaran tatap muka di semua satuan pendidikan dan dialihkan secara pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui daring/luring/modul pembelajaran lain yang sejenis kewenangannya," ujar Deru 

Deru menjelaskan, penundaan pembelajaran tatap muka dilakukan sampai dengan vaksin didistribusikan dan setelah itu dilihat perkembangan kasusnya per daerah.

"Soal pemberian vaksin, selain tenaga medis dan petugas kesehatan sebagai garda terdepan, kita juga akan berupaya agar anak-anak masuk prioritas. Syukur-syukur kita akan buka kembali sekolah pasca ada suntik vaksin. Namun jika memang ahli epidemiologi memperbolehkan, maka akan kita rencanakan kembali," jelasnya 

Saat ditanya masih ada sejumlah sekolah di kabupaten dan kota di Provinsi Sumsel yang masih kekeuh menerapkan belajar tatap. Deru mengungkapkan mungkin daerah tersebut belum menerima SE yang telah dikeluarkan pihaknya. "Jika masih ada yang terapkan belajar tatap muka, mungkin belum terima surat edaran," ungkapnya. 

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Tatap Muka Belajar

Komentar