22 Jan 2019 18:50

Persiapan UNBK, SMA Negeri 1 Ujan Mas Gelar Ujian CBT

Persiapan UNBK, SMA Negeri 1 Ujan Mas Gelar Ujian CBT

Kaganga.com, Muara Enim - SMA Negeri 1 Ujan Mas terus lakukan berbagai persiapan jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang tidak lama lagi akan diikuti pelajar kelas XII. Salah satu persiapannya yakni dengan menggelar ujian Computer Based Test (CBT) bekerjasama dengan Bimbingan Belajar (Bimbel) Nurul Fikri (NF) Palembang.
Pada ujian tersebut, bukan saja soal yang disiapkan oleh Bimbel Nurul Fikri, akan tetapi termasuk pengawas juga dilakukan langsung oleh lembaga pendidikan non formal itu. Harapannya, hasil dari ujian CBT ini benar-benar riil apa adanya. Dengan begitu, sekolah dapat mengetahui sejauh mana kesiapan anak didiknya menghadapi UNBK mendatang.
Kepala SMA Negeri 1 Ujan Mas, Penderizal Spd MM mengatakan, ujian CBT kerja sama dengan Bimbel Nurul Fikri direncanakan berlangsung sebanyak tiga tahap. Dua tahap lagi, diadakan pada Februari dan Maret nanti. “Dalam ujian ini, siswa mengikutinya sama persis seperti UNBK sungguhan dengan pengawas berasal dari Bimbel Nurul Fikri,” jelas Penderizal, kemarin (22/1).
Penderizal berharap, ujian CBT tersebut menjadi modal bagi anak didiknya. Sehingga saat mengikuti UNBK nanti tak lagi menemui kendala, baik secara teknis maupun yang lainnya. “Semoga anak-anak lancar saat UNBK nanti. Mendapatkan nilai bagus, dan lulus dengan nilai memuaskan,” harap dia.
Diketahui, dalam ujian CBT tahap pertama ini, diikuti sebanyak 221 siswa kelas XII selama empat hari, 22-25 Januari 2019 dengan menggunakan dua ruang komputer. Di mana setiap ruang terdapat 37 peserta ujian. Setiap harinya siswa dibagi menjadi tiga sesi.
Regita Mersis, salah satu siswa kelas XII IPA 4, mengaku sangat mendukung sekolahnya mengadakan ujian CBT. Disamping untuk membiasakan diri mereka mengikuti ujian berbasis komputer. Kegiatan tersebut juga menjadi upaya memperdalam materi pembelajaran.
“Kami jadi lebih tahu bagaimana mengoperasikan komputer ujian. Mulai dari login sampai cara menjawab soal. Apalagi ujian CBT ini sama persis seperti UNBK. Semoga pada hari H pelaksanaan UNBK nanti kami tidak lagi kesulitan,” ungkap Regita.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : SMA Negeri 1 Ujan Ma UNBK

Komentar