27 Feb 2017 10:55 | 160

Ratusan Siswa Lestarikan Permainan Tradisional

Ratusan Siswa Lestarikan Permainan Tradisional

Kaganga.com, Palembang - Ratusan siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kota Palembang ikut serta melestarikan permainan tradisional asli Indonesia.

Kegiatan tersebut tersebut terdapat enam jenis permainan tradisional yang dimainkan siswa yakni tarik tambang, engkrang, gobak sodor, terompa, giring ban dan sepak bola kampung.

Ketua panitia lomba permainan tradisional tingkat SD/MI Kota Palembang, Desi Handayani mengatakan, meski baru pertama kali diselenggarakan namun antusias siswa dan sekolah sangat besar sekali. Hal ini terbukti dari enam cabang perlombaan jumlah peserta mencapai 454 orang dari 23 sekolah baik SD maupun MI se-Kota Palembang. "Itu jumlah pendaftaran secara resmi, namun malam pelaksanaan kegiatan ada tiga sekolah lagi yang menyusul menjadi peserta," katanya di sela kegiatan di lapangan bola Unsri Palembang, Sabtu pagi.

Dijelaskan Desi, penyelenggara kegiatan tersebut adalah Sekolah Alam Indonesia (SAI) Palembang dengan tujuan utama untuk membudidayakan permainan tradisional agar tidak kalah dengan gadget dimana saat ini orang tua sangat sulit dan kebingungan jika ingin mengajar anak mereka berlibur kecuali ke mall. "Kita ingin memberikan kesempatan kepada siswa agar mengetahui jenis permainan tradisional yang sangat jarang mereka mainkan. Kita ingin siswa mengatahui permainan tradisional yang lebih baik dan sarat dengan segudang manfaat di dalamnya," paparnya.

Desi mengaku, meski kegiatan ini baru pertama dilakukan oleh SAI Kota Palembang sejak berdiri pada 2005 silam, namun sambutan baik diberikan oleh berbagai lembaga pemerintahan baik Kota Palembang, Dinas Parawisata maupun dinas kebudayaan. Tak hanya itu, SAI Kota Palembang dicanangkan menjadi pusat permainan tradisional Kota Palembang. "Permainan engkrang dan giring ban masih sepi peminat, yakni hanya berjumlah puluhan orang saja yang mendaftar jadi peserta. Kedepannya ini menjadi tantangan kita siswa di Kota Palembang bisa lebih cita permainan tradisional," pungkasnya.

Penulis : Roy JM
Editor : Roy JM

Tag : Permainan Tradisional Anak

Komentar