8 Jul 2019 19:35

SDN 15 Lawang Kidul Raih Penghargaan Adiwiyata

SDN 15 Lawang Kidul Raih Penghargaan Adiwiyata

Kaganga.com, Muara Enim - SD Negeri 15 Lawang Kidul mendapat predikat sebagai sekolah Adiwiyata dari Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Muara Enim. Penghargaan ini diraih berkat keberhasilan SD Negeri 15 Lawang Kidul dalam mendorong terciptanya kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.
Piala dan piagam penghargaan sekolah Adiwiyata diserahkan langsung oleh Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM kepada Kepala SD Negeri 15 Lawang Kidul Susnita Spd MM.

Menurut Susnita, upaya menuju sekolah Adiwiyata sudah dipersiapkan pihaknya jauh-jauh hari. Disebut dia, ada sejumlah aspek yang menjadi perhatian sekolah untuk dikelola dengan cermat dalam mengembangkan program Adiwiyata. Seperti kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.
Kemudian, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan berbasis partisipatif, serta sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan. “Kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan diimplementasikan dalam visi misi sekolah. Yakni pengembangan pendidikan lingkungan hidup, serta menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat,” jelasnya.
Sedangkan kurikulum berbasis lingkungan, sekolah memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang lingkungan yang berkaitan dengan persoalan sehari-hari. “Kurikulum berbasis lingkungan hidup diwujudkan melalui pengembangan model pembelajaran lintas mata pelajaran, serta pengembangan metode belajar berbasis lingkungan dan budaya,” bebernya.
Lebih lanjut, sambung Susnita, untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata, sekolahnya juga melibatkan semua pihak, termasuk guru, dan siswa. “Guru terjun langsung memberikan contoh aksi peduli lingkungan, dan menjaga kebersihan sekolah,” sambung dia.
Sementara, sarana dan prasarana pendukung turut disiapkan SD Negeri 15 Lawang Kidul. Antara lain seperti peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan, penghematan listrik, dan air hingga pengembangan sistem pengelolaan sampah.
”Alhamdulillah, setelah meraih penghargaan Adiwiyata tingkat kabupaten ini, target kami selanjutnya yaitu mempertahankan melalui upaya menjaga lingkungan sekolah agar selalu bersih, rapi, dan sehat. Dengan begitu, mudah-mudahan di masa mendatang SD Negeri 15 Lawang Kidul maju ke level provinsi,” harapnya.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : SDN 15 Lawang Kidul Muara Enim

Komentar