29 Mei 2020 17:00

Secara Online, Pendaftaran Siswa Baru Tingkat SD Buka Tanggal 1-3 Juli

Secara Online, Pendaftaran Siswa Baru Tingkat SD Buka Tanggal 1-3 Juli

Kaganga.com, Palembang - Ditengah Pandemik seperti ini ,pendidika tidak bisa di tinggalkan di dalamnya, bahkan setelah pendaftaran SMP melalui online kali ini Pendaftaran siswa baru tingkat sekolah dasar atau SD di Palembang mulai dibuka secara online tanggal 1-3 Juli mendatang.  

Melalui sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 tanpa dipungut biaya (gratis).  "Akan dimulai secara serentak seluruh sekolah negeri," kata Kepala Bidang SD Disdik Palembang, Bahrain, Jumat (29/05/2020)  

Pendaftaran PPDB tingkat SD dapat diakses lewat website resmi https://ppdbpalembang.id, dengan hasil pendaftar akan langsung direkap pada tanggal 4 Juli dan lanjut pengumuman tanggal 6 Juli. 

"Hari pertama masuk sekolah pada tanggal 13 Juli atau kita lihat kondisi menyesuaikan pandemi COVID -19," jelasnya 

Berikut syarat pendaftaran PPDB tingkat SD tahun ajaran 2020/2021:  Anak berusia minimal 6 tahun Photo copy warna / scan akte kelahiran Photo copy warna kartu keluarga Lampirkan berkas Zonasi (sesuai tempat tinggal terdekat) 

"Bagi yang usianya kurang dari 6 tahun, dapat dipertimbangkan diterima setelah ada rekomendasi tertulis dari psikolog professional dan tidak dipersyaratkan telah menyelesaikan pendidikan di TK/RA tidak ada seleksi berdasarkan kemampuan baca, tulis dan hitung,” ungkapnya  

Baginya, di tengah pandemik COVID-19, PPDB yang dilakukan secara online bertujuan agar di tiap-tiap sekolah sistem zonasi tetap memperhatikan prosedur keamanan guna pencegahan penularan virus. 

"Orang tua tidak perlu mendaftar secara berkumpul. Nantinya akan di pasang spanduk berupa pengumuman yang nantinya akan dilakukan secara online," bebernya. 

Dijelaskannya Penerimaan PPDB tingkat SD, kuota jalur zonasi sebanyak 50 persen dan sisanya untuk jalur afirmasi, perpindahan orang tua dan lainnya. PPDB zonasi SD ditentukan berdasarkan domisili dengan usia wajib 7 tahun. 

Apabila usia belum cukup umur minimal dibuktikan dengan kartu keluarga (KK) dengan minimal 1 tahun terdaftar dalam database kependudukan Disdukcapil Palembang. 

"Jalur zonasi ditentukan dengan administrasi kewilayahan desa atau kelurahan dengan jarak dari sekolah ke rumah ditentukan antara lain 200, 400, dan 600 meter," pungkasnya. 

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Pendidikan

Komentar