17 Feb 2020 21:25

Sekolah Dari 3 Kabupaten Ikuti Gelora Festival Sumsel 

Sekolah Dari 3 Kabupaten Ikuti Gelora Festival Sumsel 

Peringatan HUT ke 20 SMAN 3 Kayuagung.

Kaganga.com, OKI --- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Unggulan Kayuagung, berbeda dari tahun sebelumnya. Jika sebelumnya peringatan ini menggunakan sebutan English Eduvest, peringatan tahun ini disebut dengan even Gelora Festival Sumatera Selatan.

Pada peringatan kali ini, SMA N 3 unggulan Kayuagung juga kembali melibatkan para siswa tingkat SMP dan SMA se-Sumatera Selatan (Sumsel).

Kepala SMAN 3 Unggulan Kayuagung, Sugiyono, menuturkan, secara umum kegiatan ini masih sama dengan kegiatan sebelumnya, karena melibatkan siswa-siswi se-Sumsel sebagai peserta.

“Pada tahun ini peserta yang ikut sebenarnya kita undang seluruh sekolah, tapi yang baru ikut serta itu dari tiga Kabupaten yaitu OKI, OI, dan Muara Enim,” kata Sugiyono saat pembukaan Gelora Festival Sumsel di Halaman SMAN 3 Kayuagung, Senin (17/02/2020).

“Ini istilah ketiga, sebelumnya nama kegiatan yang digunakan yaitu SMAN Gaul Cup, selanjutnya itu ada English Eduvest, dan kali ini Gelora Festival Sumsel,” tambahnya.

Sugiyono juga menjelaskan, selain sebagai ajang untuk mengasah kemampuan siswa karena di dalamnya terdapat banyak perlombaan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan sekaligus mencari bibit baru untuk sekolah di SMAN 3 unggulan Kayuagung.

Ada berbagai cabang yang diperlombakan yakni speech, story telling, news casting, Lomba Cerdas Cermat (LCC) Matematika, pionering, basket, LTBB, serta futsal.

“Kalau untuk peserta berasal dari SMA di Kabupaten OKI ada 28 sekolah, SMA Kabupaten OI ada 5 sekolah, SMP Kabupaten Muara Enim 1 sekolah dan SMP Kabupaten OKI ada 12 sekolah,” ujarnya.

Asisten 1 Setda Kabupaten OKI, H Antonius Leonardo MSI, mengungkapkan, kegiatan seperti ini sangat baik untuk melihat sejauh mana kemampuan dari anak-anak. Di samping itu juga mengajarkan siswa, khususnya yang terlibat dalam kepanitiaan untuk berkarya.

“Jadikan ini sebagai pelecut semangat untuk terus menjadi lebih baik,” kata H Antonius.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, H Reza Fahlevi, yang dalam kesempatan tersebut mewakili Gubernur Sumsel, H Herman Deru. Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) sangat mendukung kegiatan semacam ini agar sekolah-sekolah lebih berkreasi.

Dia berharap kegiatan semacam ini juga banyak dilakukan di sekolah-sekolah lain di Sumatera Selatan, terlepas itu SMA ataupun SMP.

“Kami memberikan apresiasi penuh dan mensupport ini agar sekolah-sekolah di Sumsel lebih maju, sesuai visi-misi Gubenur untuk menjadikan Sumsel maju,” tandasnya. 

Penulis : Wahid Aryanto
Editor : Riki Okta Putra

Tag : oki

Komentar