17 Mar 2021 14:00

SMPN 1 Pedamaran Jadi Yang Pertama di OKI Sebagai Sekolah Bersinar

SMPN 1 Pedamaran Jadi Yang Pertama di OKI Sebagai Sekolah Bersinar
Sekda OKI menyaksikan penandatangan MOU antara BNNK dan Disdik OKI

Kaganga.com, OKI ---- Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ogan Komering Ilir (OKI) Launching Sekolah Bersih Narkoba (Bersinar), di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 (SMPN-1) Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI. Kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Dinas Pendidikan (Disdik) dengan BNNK OKI, Rabu (17/03).

Kegiatan penandatanganan MoU ini disaksikan langsung oleh Setda OKI, H. Husin S.Pd, Kadisdik OKI, Kepala Sekolah SMPN 1 Pedamaran beserta Guru dan Siswa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Kepala BNNK OKI, AKBP Agung Sugiyono, M.Si., menjelaskan, kegiatan ini dilakukan guna mencegah terjadinya Penyalahgunaan dan Peredaran gelap Narkoba di lingkungan Sekolah.

"Semoga dengan penandatanganan MoU ini dapat menjadi pemicu awal pelaksanaan program pencegahan dini di lingkungan sekolah,"ujarnya.

Menurutnya, para Satgas anti narkoba ini sudah diberi Bimtek tetang dampak buruk narkoba, sampai ke sanksi hukumnya, sebagai bekal dalam melakukan tugasnya.

"Jadi para Satgas ini sudah memiliki bekal dalam melakukan sosialisasi kepada teman-temannya, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitarnya,"ungkapnya.

Lanjutnya, dalam mewujudkan Kabupaten OKI bebas dari Narkoba berbagai kegiatan telah dilakukan, mulai dari membentuk Desa Bersinar, sosialisasi lansung kepada warga dan kali ini membentuk Sekolah Bersinar.

"Program ini kami (BNNK OKI) lakukan demi menjaga generasi muda dan masyarakat di wilayah Kabupaten OKI, agar tidak tekontaminasi penyalahgunaan, apalagi terlibat dalam peredaran gelap Narkoba,"ungkapnya.

"Saya berharap Kabupaten OKI ini bisa bersih dan terbebas dari narkoba, sebab narkoba tidak saja berdampak pada pengguna, tetapi  juga akan berdampak bagi orang di sekitarnya,"harapnya.

Masih kata AKBP Agung, program ini disambut baik oleh pihak sekolah SMPN 1 Pedamaran. Bahkan pihak sekolah melalui Guru Kesenian membikin lagu (Mars anti narkoba).

"Alhamdulillah, kami sangat bangga atas sambutan dari pihak sekolah, lagu yang diciptakan itu juga sangat bagus. Bahkan akan di patenkan oleh Kadisdik OKI,"pungkasnya.

Setda OKI, H.Husin S.Pd, MM didampingi Kadisdik OKI, Muhammad Amin, S.Pd., M.M, mengungkapkan, bahwa kerja sama antara BNNK OKI dengan sekolah sangat diperlukan, mengingat saat ini peredaran gelap Narkoba sudah menyasar remaja/pelajar.

"Kami sangat mendukung dan menyambut baik giat ini, karena ini yang pertama dilaksanakan di OKI. Kami berharap sekolah lain bisa mengikutinya, demi anak didik supaya paham tentang dampak dari narkoba. Sehingga, ketika nanti melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi SLTA bahkan Perguruan Tinggi tidak terpengaruh lagi,"ungkapnya.

Penulis : Wahid Aryanto
Editor : P Rudy FS

Tag : OKI Sumsel

Komentar