11 Okt 2018 18:35

STIE Akubank Miliki CPA Pertama di Sumsel

STIE Akubank Miliki CPA Pertama di Sumsel

Kaganga.com, Palembang - STIE Akubank Palembang melakukan akselerasi terobosan dengan memiliki Certified Public Account (CPA) Test Center yang bekerjasama dengan Institut Akuntan Republik Indonesia.

Masuknya era pasar bebas Asia Tenggara atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan revolusi Industri atau lebih dikenal disrubtion 4.0 membuat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mulia Darma Pratama Palembang terus meningkatkan kualitas lulusan melalui pendidikan yang tepat sasaran dan berkualitas.

"Bahkan, CPA Test Center di STIE Mulia Darma Pratama ini merupakan satu-satunya dimiliki oleh perguruan Tinggi di seluruh wilayah Sumsel baik PTN maupun PTS," kata Direktur STIE Mulia Darma Prata, Drs Muhamad Helmi MS di Swarna Dwipa (11/10/2018).

Menurutnya sebagai gambaran untuk di Indonesia, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2018, terungkup bahwa posisi tenaga kerja Indonesia sendiri terdiri dari pekerja lulusan Diploma berjumlah 3,5 juta orang atau 2,75 persen dan pekerja lulusan Universitas berjumlah 11,71 juta orang atau 9,22 persen.

"Data tersebut memberikan gambaran bahwa hampir separuh tenaga kerja Indonesia berpendidikan rendah SMP, yaitu sebanyak 75,98 juta orang atau 59,80 persen dan yang berpendidikan SMA atau sederajat sebanyak 35,87 juta atau 28,23 persen. Sementara lulusan Perguruan Tinggi, Diploma dan Universitas hanya 15,21 juta atau 11,97 persen," bebernya

Kondisi ini menunjukkan bahwa lemahnya posisi daya saing tenaga kerja indonesia dalam pasar bebas atau era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Sehingga seorang lulusan haruslah cerdas dalam menghadapi peluang dan tantangan.

"Sehingga kita ingin lulusan kita berkualitas, dan menunjang kerja mereka. Karena hampir semua lulusan kita sudah bekerja. Apalagi kita memiliki CPA pertama di Sumsel," pungkasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa wisuda ke 22 kali ini, STIE Mulia Darma Pratama Palembang mencapai 1758 untuk Akademi Keuangaan dan Perbankan MDP.

"Dan hari ini kita resmi mewisuda 23 lulusan ahli madya yang semuanya ahli madya keuangan perbankan, 82 sarjana ekonomi manajemen dan 27 lukusan sarjana ekonomi akuntansi," tutupnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Riki Okta Putra

Tag : STIE Akubank Palemba wisuda

Komentar