17 Jul 2019 18:30

Widodo Menyesalkan Putusan Sekolah Taruna Tunjuk OP Jadi Pembina MOS

Widodo Menyesalkan Putusan Sekolah Taruna Tunjuk OP Jadi Pembina MOS

Kaganga.com, Palembang - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel masih menyesalkan peristiwa seorang siswa meninggal dunia saat mengikuti MOS di SMA Taruna Nusantara Indonesia Palembang. Kepala Disdik Sumsel Widodo pun tak habis pikir kenapa pihak sekolah bisa menunjuk tersangka OP untuk jadi pembina Masa Orientasi Sekolah (MOS).

"Dia OP itu diterima sebagai guru BK di sana, tapi kok malah jadi pembina MOS dan memberi pelatihan fisik ke siswa padahal bukan bidangnya, ini tidak masuk akal. Seharusnya yang di tunjuk itu guru olahraga karena lebih memahami takaran dalam pelatihan fisik," tegas Widodo saat mengunjungi korban lainya di RS Charitas, Rabu (17/7).

Widodo menilai penunjukan OP sebagai pembina MOS merupakan hal yang aneh. Karena Notabenya tersangka merupakan guru baru dan masih muda.

" Kita menyesalkan kenapa pihak sekolah menugaskan guru yang baru masuk atau diterima baru satu pekan itu sebagai pembina dalam masa orientasi. Saya nilai dia belum dewasa secara psikologis, belum bisa mengatur emosi dia sendiri makanya ketika kondisi lelah emosinya memuncak," ungkapnya.

Selain itu, menurutnya, kegiatan yang dilakukan diluar kompleks sekolah harus mendapatkan izin dari Dinas Pendidikan sehingga dapat dimonitor perkembangannya. Kalau kemudian tidak termonitor maka kejadian seperti ini bisa terulang.

“Selama ini belum ada izin dari kita untuk kegiatan diluar sekolah makanya kita tidak bisa mengawasinya. Padahal, dinas selalu mengontrol semua kegiatan di sekolah,” ujar dia.

Di tambahkanya, bahwa ia menyebut tidak segan untuk mencabut izin operasional sekolah tersebut jika nanti terbukti bahwa kekerasan dan pelanggaran yang terjadi dilakukan secara terstruktur.

“Kita akan cek apakah ini hanya oknum atau memang kesalahan prosedur dari sekolah. Kalau ini murni kesalahan oknum kita tidak bisa cabut, tapi jika terstruktur akan saya cabut,” tegasnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : SMA Taruna MOS

Komentar