13 Mar 2018 16:00 | 82

3 Kecamatan Terendam Banjir

3 Kecamatan Terendam Banjir

Kaganga.com, Muara Enim - Tiga Kecamatan di Kabupaten Muara Enim terendam banjir akibat hujan dalam beberapa hari ini. Bukan hanya disebabkan debit air hujan melainkan juga lantaran sungai lematang yang sampai kepemukiman warga.

Tiga kecamatan tersebut adalah kecamatan benakat dimana ada lima desa yang terendam banjir yakni desa pagar jati, desa pagar dewa, desa betung, desa padang bindu dan desa ramipasai. Kecamatan gunung megang ada satu desa yang terendam yakni desa gunung megang dalam. Dan kecamatan rambang dangku khususnya di desa dangku.

Ersangkut selaku anggota DPRD Muara enim mengatakan desa yang terendam banjir khususnya di kecamatan benakat memiliki ketinggian 1,2 meter. "Beruntungnya rumah warga berbentuk panggung sehingga tidak begitu menjadi masalah," ujarnya, Selasa (13/3).

Namun memang, banjir tersebut sedikit mengganggu aktivitas warga karena tidak bisa berkebun lantaran debit air yang tinggi. "Rata rata pekerjaan warga berkebun karet dan sawit, jadi sementara aktivitas tidak bisa dilanjutkan," bebernya

Ersangkut berharap dalam sehari kedepan air sudah surut dan masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa. "Mudah mudahan airnya bisa meresap, dan hujan yang turun tidak lama sehingga air masih sempat meresap," harapnya.

Sementara itu, kasi penanggulangan BPBD Muara Enim, Husen mengatakan untuk daerah desa gunung megang dalam banjir sudah terjadi sejak kamis (8/3) dengan ketinggian sekitar 1 meter. "Tapi sekarang sudah surut sekitar 10 cm," bebernya

Lanjutnya, meski banjir sudah mulai surut, BPBD masih men stanbykan petugas dimana ada lima personkm di tiap desa untuk melakukan pemantauan. "Termasuk kelengkapan sarana dan prasarana hingga banjir benar benar surut," pungkasnya.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Banjir Muara Enim

Komentar