3 Feb 2020 17:00

9 Mahasiswa Sumsel dari Cina Dipulangkan Kerumah

9 Mahasiswa Sumsel dari Cina Dipulangkan Kerumah

Sebanyak 9 mahasiswa Provinsi Sumsel yang tengah menempuh pendidikan di China, kemarin kembali ke Sumsel. 9 mahasiswa ini terus dilakukan pemantauan kesehatannya oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel.  

Kasi Survelen dan Imunisasi Dinkes Provinsi Sumsel, Yusri mengatakan sebelumnya ada 7 mahasiswa asal China yang dipantau. Namun jumlah itu bertambah setelah ada 2 tambahan mahasiswa asal China pulang ke Sumsel. 

"Ke 9 mahasiswa tersebut yaitu dari 2 orang dari Muara Enim, 2 orang dari Prabumulih, 1 orang dari OKI dan 4 sisanya dari Kota Palembang," kata Yusri saat di temui Senin (3/2/2020).  

Meskipun menempuh pendidikan di Cina yang saat ini tengah menyebar wabah Virus Corona, Ke 9 mahasiswa itu tidak diisolasi dan dipulangkan kerumah masing - masing, Yusri menjelaskan jika saat ini mereka dipantau Kesehatannya selama 14 hari kedepan.  

"Semuanya tidak perlu diisolasi karena tidak menunjukkan gejala yang aneh. Namun kita terus memantau kondisi kesehatan mereka," katanya.  

Pantauan dilakukan dengan mengerahkan petugas puskesmas ke kediaman masing-masing mahasiswa. Selain itu juga pihaknya terus berkomunikasi via telepon. 

Yusri mengatakan, ke 9 mahasiswa juga diberikan healt alert card (HAC) atau kartu kewaspadaan sehingga bilamana mahasiswa tersebut mengalami suhu panas yang tinggi bisa langsung ke puskesmas atau tempat pelayanan kesehatan lainnya untuk segera dilakukan penanganan kesehatan.  

"Jadi kalau sakit atau suhu tubuh panas langsung ke puskesmas dengan menunjukkan kartu HAC itu. Jadi cepat ditangani dan penanganannya juga berbeda," pungkasnya. 

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Corona virus

Komentar