24 Sep 2019 19:35

Aksi Tolak RUU KPK dan RKUHP Ricuh, Polisi Tembakan Gas Air Mata

Aksi Tolak RUU KPK dan RKUHP Ricuh, Polisi Tembakan Gas Air Mata

Kaganga.com,Palembang - Ribuan Mahasiswa di Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar aksi unjukrasa di gedung DPRD Sumsel. Massa menyoroti Revisi Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP). Selain menolak RKUHP, mahasiswa juga menyampaikan penolakan Revisi Undang-undang KPK yang sudah disahkan DPR RI, RUU Ketenagakerjaan, dan RUU Pertanian.

Masa mulai memadati areal simpang lima DPRD Sumsel sejak pukul 10.00 WIB, dan menutup jalan Pom IX dengan memblokade jalan dengan membuka mimbar bebas, akibatnya terjadi macet total. Kebetulan, pada saat itu sedang ada pelantikan Anggota Baru DPRD Provinsi Sumsel periode 2019-2024.

Di tengah orasi yang di gaungkan, terjadi kericuhan antara mahasiswa dan pihak kepolisian, awal mula kericuhan terjadi pelemparan dari beberapa Oknum mahasiswa dari belakang barisan. Tak hanya Plastik air mineral, oknum mahasiswa juga melemparkan batu kearah pihak kemanan.

Akibat dari ulah Oknun tersebut, Kepolisian Gabungan dari Polda Sumsel dan Polresta Palembang memblokade masa dangan mobil mobil Water Canon dan Kendaraan Taktis (Rantis).

Di tengah kericuhan yang semakin membesar, akhirnya pihak kepolisian menggunakan Gas Air mata kearah masa untuk membubarkan masa secara paksa.

Akibatnya timbul beberapa korban terluka akibat dari pelemparan batu. Sekretaris Jenderal Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN RF Palembang Wawan, membenarkan hal tersebut. "Memang ada yang terluka karena pelemparan batu dan berdesak desakan," jelas dia.

Lanjut dia, Kericuhan ini terjadi akibat adanya oknum yang mengatasnamakan mahasiswa dengan mengklaim sebuah organisasi ekstra. Sehingga, mahasiswa pun terpancing hingga terjadi cek cok dengan pihak kepolisian.

"Kami disini mengatasa namakan mahasiswa, bukan sebuah organisasi," ungkapnya.

Tambah Wawan, aksi ini dilakukan untuk menyuarakan hak terkait RKUHP dan RUU KPK. Menurutnya, RKUHP bakal mengkebiri hak demokrasi yang telah ada saat ini.

"Aksi ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dari selurih universitas di Sumsel," tutupnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Mahasiswa Unjuk Rasa

Komentar