24 Ags 2017 18:35

Kompor Untuk City Gas Perlu Dimodifikasi

Kompor Untuk City Gas Perlu Dimodifikasi

Kaganga.com, Muara Enim -  Program jaringan gas rumah tangga atau city gas bakal segera dinikmati masyarakat dibeberapa Kecamatan Kabupaten Muara Enim. Namun sebelum itu, masyarakat rupanya perlu menyiapkan kompor khusus untuk penggunaannya. Pasalnya, kompor gas yang biasa digunakan tidak bisa dipakai untuk memasak dengan gas alam ini karena perlu dimodifikasi khusus agar kompor gas biasa ini bisa digunakan.

Pihak operasional City Gas Muara Enim, Manager Pertagas Niaga, Dedi Eko, mengatakan kompor gas yang dimiliki rumah tangga saat ini tidak bisa langsung dipakai, karena berbeda ukuran pipa gas kota dengan elpiji tabung, sehingga perlu modifikasi alat untuk bisa digunakan ke aliran gas kota. Adapun biaya modifikasi kompor akan dibebankan kepada masyarakat selaku konsumen jargas.

"Beberapa kompor biasa dipakai rumah tangga memiliki lubang spuyer berbeda sehingga diperlukan modifikasi dulu sebelum menggunakan jargas, biaya modifikasi ini dibebankan kepada konsumen,"kata Dedi, Kamis (24/8).

Meski demikian, Dedi menyebut ada beberapa merk kompor yang memiliki lubang spuyer yang cocok untuk jargas. "Salah satunya kompor merk quantum,"ucapnya

Sementara untuk melayani konsumen lainnya, Pertagas bersama Pemerintah Kabupaten Muara Enim juga telah menyiapkan ahli untuk modifikasi kompor tersebut. "Rencananya biaya modifikasi kompor ini hanya berkisar Rp30 ribu, sebelumnya pertagas akan mendata lagi terlebih dulu,"ujarnya

Sementara itu untuk insatalasi masyarakat dibebaskan dari biaya pemasangan instalasi hingga ke rumah-rumah, sedangkan untuk harga gas yang dialirkan ke rumah-rumah penduduk itu ditetapkan sesuai ketentuan BPH Migas.
Sebelumnya, program gas kota yang di programkan untuk di Kabupaten Muara Enim bakal segera direalisasikan yang kini memasuki tahap instalasi kerumah-rumah warga.  Diantaranya ada tiga kecamatan yang menjadi daerah pemasangan jaringan gas kota ini, yakni Kecamatan Lawang Kidul, Kecamatan Muara Enim dan Kecamatan Ujam Mas. Untuk tahap awalnya, proyek gas tersebut nantinya akan memenuhi kebutuhan gas masyarakat sebanyak 4.700 sambungan.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Gas Alam Kompor Modifikasi

Komentar