5 Jun 2018 20:30 | 51

Lapas Muara Enim, Ramai Anak-anak

Lapas Muara Enim, Ramai Anak-anak

Kaganga.com, Muara Enim - Teriakan keras dan wajah ceria serta gembira terlihat dari puluhan anak anak yang berlarian ditengah lapangan utama Lembaga Pemasyarakatan Klass IIB Muara Enim.

Hal langka ini terjadi bukan tanpa alasan. Mereka adalah anak anak dan keluarga dari para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berkesempatan melakukan buka bersama yang diselenggarakan oleh Lapas Klass II B Muara Enim, Selasa (5/6).

Kepala Lapas Klass II B Muara Enim, Rudik Erminanto mengatakan, pelaksanaan buka puasa antara WBP dan keluarga ini dilaksanakan berdasarkan instruksi dari Dirjen Pemasyarakatan kepada seluruh Lapas yang ada di Indonesia.

“Ini dilaksanakan berdasarkan instruksi pusat. Harapan kita, dengan dilaksanakan kegiatan ini, psikis para WBP bisa lebih terjaga dengan masih adanya perhatian dari pihak keluarga agar tidak melakukan hal hal yang berbahya dan tidak penting,” ujar Rudik.

Selain itu, lanjut Rudik, ini juga bisa meningkatkan silaturahmi antara keluaraga WBP dengan petugas Lapas serta bisa juga membantu petugas untuk bisa menjaga emosional dari WBP.

Kedepan, lanjut Rudik, diharapkan kegiatan yang dimulai pukul 17.00 hingga pukul 19.00 ini akan lebih sering dilakukan. “Kita lihat saat ini, pelaksanaan berjalan aman dan tertib. Mudah mudah kedepan hal ini bisa kita lakukan lebih sering, seperti dalam satu bulan dilaksanakan tiga sampai empat kali dalam bulan ramadhan,” ujarnya.

Rudik juga menambahkan, dirinya dan petugas memohin maaf apabila ada ketidak nyamanan yang dialami oleh keluarga WBP dalam hal pemeriksaan yang ketat yang dilakukan oleh petugas.

“Ini memang sudah SOP kita dalam memeriksa dan mengecek seluruh bawaan dari pengunjung. Jadi bila ada ketudak nyamanan kami mohon maaf,” tukasnya.

Saat ini, dijelaskan Rudik, WBP yang menghuni Lapas sebanyak 1122 baik itu dari Muara Enim sendiri mapun Kabupaten PALI. sementara, kapasitas Lapas sendiri adalah 486 orang.

Sementara itu, Yahnar salah satu keluarga WBP mengatakan, dirinya dan keluarga menyambut gembira pelaksanaan buka puasa yang dilakukan oleh pohak Lapas.

“Senang sekali bisa berbuka dengan anak saya disini. Kami harap, kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan sesering mungkin. Karena selama empat tahun baru kali ini buka puasa bersama dengan anak,” harapnya.

Dari pantauan, memang banyak sekali keluarga WBP yang datang berkunjung. Mereka membawa makanan sendiri untuk berbuka meskipun pihak lapas menyediakan menu berbuka sembari bersenda gurau dan tampak berbahagia.

Para keluarga juga tidak lupa membawa tikar dan alas lainnya untuk digunakan duduk duduk bersama keluarganya yang saat ini sedang menjalani masa hukuman di Lapas Klass II B Muara Enim.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Lapas Muara ENim Buka Bersama

Komentar