2 Okt 2019 19:15

Mahasiswa di Palembang Hidupkan Lilin SOS Kirim Pesan Duka

Mahasiswa di Palembang Hidupkan Lilin SOS Kirim Pesan Duka

Kaganga.com, Palembang -Ratusan Mahasiswa kota Palembang kembali turun ke jalan tepatnya di Lingkaran Air Mancur Kota Palembang guna menggelar aksi menolak RKUHP dan UU KPK. Meskipun telah mengetahui kalau pengesahanya di tunda, mereka tetap turun aksi karena khawatir Presiden RI Joko Widodo bisa kapan saja mengesahkan kedua UU tersebut. Tak hanya itu, kali ini mahasiswa juga menggelar aksi duka dengan menyalakan lilin bertuliskan SOS untuk para korban yang tewas dalam aksi 25 september lalu.

Mahasiswa yang mengatas namakan dirinya Aliansi Mahasiswa Sumsel Melawan, memulai aksi pukul 16.00 WIB dengan menyerukan tuntut mereka. Seruan aksi ini berlangsung hingga datangnya waktu ibadah Solat Maghrib.

Mahasiswa kembali melanjutkan Aksi pukul 20.00 WIB di tempat yang sama, aksi lanjutan ini dilakukan untuk mengirim pesan duka bagi para demonstran yang tewas dalam aksi 24 September lalu. Ratusan mahasiswa dari berbagai Universitas di Kota Palembang ini menyalakan lilin bertuliskan SOS menandakan bahwa mereka ikut berduka atas adanya demonstran yang tewas.

"Aksi nyalakan lilin ini kami lakukan untuk menyampaikan pesan duka kepada masyarakat kalau ada teman kita yang gugur dalam aksi 24 september lalu. Aksi ini aksi damai," jelas Kordinator Aksi Mahasiswa Sumsel Melawan, Radian Ramadhani, Selasa Malam (01/10).

Dalam aksinya yang menyalakan lilin, mahasiswa membentuk lingkaran dengan diiringi nyanyian Gugur Bunga, mengheningkan cipta, hingga pembacaan surat yasin guna mendoakan korban tewas. Aksi ini juga dijaga langsung oleh puluhan aparat kepolisian yang ikut membaca surat yasin. Aksi ini selesai hingga pukul 22.00 WIB dan berlangsung damai, bahkan seusai aksi banyak mahasiswa yang ber Swa Foto dengan pihak keamanan.

"Ini menjadi bentuk duka cita kita bahwa Indonesia saat ini sedang gelap, dengan hidupnya lilin ini menjadi cara menyalakan harapan kita," tukasnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : mahasiswa lilin

Komentar