25 Mei 2019 08:00

Mahasiswa Kota Palembang Tuntut Kepolisian Agar Tidak Represif

Mahasiswa Kota Palembang Tuntut Kepolisian Agar Tidak Represif

Kaganga.com, Palembang - Ratusan Mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Kota Palembang berkumpul di Markas Besar Kepolisian Daerah (Mapolda) Sumatera Selatan. Segerombolan mahasiswa ini guna melakukan aksi menuntut sikap repreaif kepolisian selama unjuk rasa yang terjadi di Jakarta pada 21-22 Mei lalu.

Kordinator aksi Dedi Busro jika dalam aksi kali ini para mahasiswa meminta untuk bertemu secara langsung dengan Kapolda Sumsel. Alasan mereka ingin bertemu Kapolda untuk menuntut tindakan represif pihak kepolisian diaksi 21-22 Mei lalu.

Mereka menilai apa yang dilakukan pihak kepolisian tersebut merusak marwah Polri sebagai institusi yang harusnya mengayomi masyarakat. Bahkan sikap represif tersebut dapat mematikan sistem demokrasi.

"Bagaimana pihak kepolisian melakukan tindak represif. Kami menuntut Kapolda sumsel untuk menyurati Kapolri atau Kemenkumham untuk menyampaikan aspirasi kami hari ini. Bahwa tindakan tersebut tidak seharusnya dihadirkan dalam aksi di Jakarta," ujarnya. Jumat (24/5).

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara menerima secara terbuka perwakilan mahasiswa yang ingin bertemu dirinya di Mapolda Sumsel. Dirinya mengapresi tuntutan para mahasiswa hari ini yang disampaikan secara langsung ke dirinya.

Adapun Zulkarnain meminta kepada para mahasiswa untuk tetap berpikir secara kritis dan tidak terjebak pada berita-berita hoax yang tersebar di media sosial. Dirinya berjanji akan menyampaikan beberapa tuntutan mahasiswa Palembang ke Jakarta.

"Banyak catatan seperti masalah sosial media, tentunya ini akan kita teruskan kepada Jakarta sebagai kewajiban kami. Sekali lagi kami mengapresiasinya. Saya kira senantiasa sudah melakukan himbauan apalagi sebagai mahasiswa juga mereka memiliki pemikiran kritis, analitis.," Ungkapnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Mahasiswa Unjuk Rasa

Komentar