17 Des 2018 20:10

Petugas Gabungan Banyak Temukan HP Saat Razia Lapas

Petugas Gabungan Banyak Temukan HP Saat Razia Lapas

Kaganga.com, Muara Enim - Petugas gabungan Polres, Kodim 0404 Muara Enim BNN Kabupaten Muara Enim dan sipir Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Muara Enim merazia seluruh ruang tahanan dan Napi yang ada di Lapas tersebut, Senin (17/12/2018).                

   Razia tersebut dilakukan diduga terkait adanya Napi yang melakukan penipuan online melalui akun Facebook menggunakan Hand Phon dari dalam Lapas.                    Razia yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.30 WIB itu dipimpin langsung Plt Kepala Lapas Kelas II B Muara Enim, Herman Sawiran.                   

   Pada razia itu petugas menemukan 26 buah Hp android, 88 buah HP biasa, 7 buah power bang, 4 buah HP anromex dan 59 buah batre HP. Kemudian petugas juga menemukan sendok, ikat pinggang.                 

   Usai melakukan razia, seluruh HP yang ditemukan tersebut langsung dimusnahkan dengan cara dibakar. Pemusnahan HP tersebut berlangsung di lapangan Lapas dipimpin Plt Kepala Lapas bersama petugas dari BNN, Polres, Kodim.           

  Plt Kepala Lapas Kelas II B Muara Enim, Herman Sawiran mengatakan, razia yang digelar menindaklanjuti pencanangan operasi musi bergerak yang dicanangkan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumsel.              “Operasi ini dilakukan untuk mengantisifasi gangguan keamanan dan ketertiban serta penyimpangan dalam pelaksanaan tugas oleh petugas pemasyarakatan. Untuk membangub kembali citra pemasyarakatan di wilayah Sumatera Selata ,” jelasnya.  

                 Dijelaskannya, sebagai institusi penegak hukum pihaknya wajib melakukan pembenahan melalui upaya nyata dengan melakukan pemberantasan narkoba, pungutan liar, larangan menggunakan alat komunikasi berupa handphon dan tindakan kekerasan lainnya.                        

“Pembenahan ini dilakukan dalam upaya membangun integritas,” jelasnya. Dia juga mengajak seluruh petugas Lapas untuk melakukan pembenahan diri  serta menyatukan tekad dalam pemberantasan peredaran gelap narkoba dan pungutan liar di Lapas.

Penulis : LPM IV
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Lembaga Pemasyarakat Muara Enim

Komentar