5 Okt 2017 23:55

Pohon Tumbang Macetkan Jalan Lintas Hingga 5 Kilometer

Pohon Tumbang Macetkan Jalan Lintas Hingga 5 Kilometer


Kaganga.com, MuaraEnim - Akibat hujan dan angin kencang menyebabkan beberapa pohon di pinggir jalan Desa Tanjung Raman dan Muara Gula Baru Kecamatan Ujanmas tumbang, Kamis sore (05/10), sehingga menyebabkan lalu lintas yang dari arah Muara Enim maupun Palembang lumpuh sehingga menyebabkan kemacetan hingga 5 kilometer.


Dari pantauaan Palugada news.com di lapangan tampak kendaraan yang terjebak kemacetan tersebut didominasi oleh angkutan batu bara. antrian panjang kendaraan masih terjadi, karena kendaraan yang menumpuk serta sempitnya jalan akibat adanya penggaliaan pipa gas rumah tangga.


Tampak juga beberapa masyarakat membantu mengevakuasi pohon yang menutupi badan jalan tersebut.


Sementara itu beberapa petugas dari Polantas dan Dishub Muara Enim tengah berusaha mengurai kemacetan tersebut. Hingga pukul 18.30 kemacetan tetsebut sudah mencapai desa Ujanmas Baru karena di jalan lintas Sumatera di desa Ujanmas Lama terdapat satu unit truk batu bara terbalik dan di desa Ujanmas Baru adanya perlintasan kereta api.


Salah seorang warga sekitar Deka mengatakan pohon tumbang tersebut akibat tiupan angin kencang disertai hujan yang beberapa hari terakhir terjadi di wilayah Kabupaten Muara Enim. Selain menutup jalan, ungkap Deka, pohon tersebut juga menimpa kabel listrik.


"Kalau macet ini karena ada kendaraan yang tidak mau mengalah dan mengambil jalur lain. Itulah sebabnya lalu lintas jadi terkunci," pungkasnya.


Selain menutupi badan jalan, pohon tumbang tersebut juga menimpa kabel PLN. Akibatnya, jaringan listrik di Kecamatan Ujanmas terpaksa harus dipadamkan sementara untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.


Manager PLN Rayon Muara Enim Rully Patria mengatakan, saat ini petugas PLN telah melakukan normalisasi jaringan.


"Tadi sempat terkendala karena macet, tapi saat ini jaringan listrik sudah dalam proses penormalan dan sudah bisa disingkirkan kayu yang mengenai kabel listrik tersebut," ujar Rully ketika di hubungi.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Pohon Tumbang Macet

Komentar