3 Des 2018 13:05

Presiden Jokowi Dipastikan Resmikan Musi IV

Presiden Jokowi Dipastikan Resmikan Musi IV

Kaganga.com, Palembang - Sebelum difungsikan untuk masyarakat, Jembatan Musi IV yang memiliki panjang 1.300 meter, terlebih dahulu akan diresmikan secara langsung oleh Presiden Repbulik Indonesia (RI) Joko Widodo pada akhir Desember 2018.

Saat ini pengerjaan Jembatan yang menghubungkan kawasan Seberang Ulu dan Seberang Ilir telah mencapai progres yang sangat baik yakni 100 %.

“Jembatan Musi IV akan diresmikan Presiden Jokowi pada akhir Desember ini. Untuk tanggalnya kemungkinan antaara 25 atau 27 Desember 2018,” ujar Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V Kiagus Syaiful Anwar.

Selain itu Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksana Jalan Metropilitan Yudian Budi Krisna, walaupun sudah mencapai targetnya yang diharapkan. Jembatan Musi IV akan dilakukan skenario uji beban. Dimana uji beban itu, jembatan tersebut akan diparkirkan sebanyak 24 truk dengan berat beban sekitar 31 ton.

“Untuk uji beban memang sedang diatur pastinya sesegera mungkin. Karena uji beban tersebut tidak bisa dilakukan asal-asalan. Kemungkinan akan dilakukan paling cepat 8 Desember mendatang,” kata dia.

Masih kata Yudian, adapun skenario tersebut puluhan mobil truk akan diparkirkan berjejer di atas bentang Jembatan Musi IV. Skenario itu nantinya dihitung sesuai lebar dan bentang jembatan dengan posisi kendaraan pada posisi berhenti.

Dari hasil uji beban itu, sambung dia, akan dilihat faktor lengkung jembatan berapa cm akan turun saat ada beban, sehingga bisa didapatkan kriteria bermasalah atau tidaknya jembatan digadang pengurai kemacetan tersebut.

“Kita lihat dulu berapa kelengkungannya saat ada beban. Kalau tidak masalah berarti aman dan akan dilakukan tahapan lanjutan sebelum bisa dilintasi,” jelasnya.

Terkait beban jembatan yang hanya diletakkan 24 truk, Yudian mengungkapkan pihaknya mengambil sekitar 60 persen perkiraan beban jembatan. Misalnya beban jembatan itu adalah 100 ton, tidak mungkin uji beban yang dicoba sama persis beban jembatan.

“Tak mungkin beban jembatan itu harus sesuai beban sesungguhnya, karena kita masih akan melihat hasil hitungan dulu untuk melakukan evaluasi,” pungkasnya.

Penulis : Chandra Baturajo
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Musi IV Jokowi

Komentar