25 Jul 2019 21:30

Ratusan Masa Tolak Aksi Korporasi Bisnis LNG Oleh Pertamina RUIII

Ratusan Masa Tolak Aksi Korporasi Bisnis LNG Oleh Pertamina RUIII

Kaganga.com, Palembang - Ratusan masa menggelar demo yang tergabung dalam Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Balongan (SP-PBB) PT Pertamina (Persero) Refinery Unit III di kilang Musi Plaju Sungai Gerong Jalan Beringin No 1 Palembang Kamis,(25/7/2019).

Menurut Ketua Umum SP-PBB RUIII, Muhammad Yunus, ratusan masa menggelar demo pernyataan sikap penolakan pengalihan bisnis LNG dari Pertamina ke PGN serta bentuk keprihatinan tolak korporasi bisnis LNG Pertamina.

Demo itu berjalan selama tiga jam dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB. 

"Pengalihan bisnis LNG dari Pertamina ke PGN bisa merugikan negara dan menguntungkan perusahaan swasta/asing.Bisnis LNG 100 persen harus tetap untuk negara,’’ kata Ketua Umum SP-PBB RUIII Muhammad Yunus.

Menurutnya 43,04 persen saham di PGN merupakan milik publik (pengusaha swasta/lokal/asing). Dilanjutkannya bisnis LNG merupakan bisnis masa depan perusahaan yang harus dijaga eksistensinya. Dengan demikian, negara akan mendapatkan 100 persen keuntungan yang digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. 

Terkait dengan hal itu PSPPB dalam aksinya menyampaikan tiga tuntutan sebagai berikut. Yakni, pertama pemerintah wajib mempertahankan proses bisnis LNG pada pertamina yang keuntungannya 100% untuk kemakmuran rakyat dimana saham 100% milik negara. 

Kedua meminta pemerintah (menteri BUMN) untuk memastikan pertamina dapat menyusun program kerja rencana bisnis LNG yang mendukung security of supply nasional baik jangka pendek ataupun jangka panjang karena program bisnis LNG yang bersifat jangka panjang untuk tetap menjaga kedaulatan energi nasional.

Ketiga terakhir mendesak untuk menghentikan segala upaya pengalihan proses bisnis LNG yang dilakukan melalui holding migas ke PGN karena menyebabkan potensi kerugian negara karena kepemilikan saham publik di 

PGN sebesar 43,04%.

Ancam Gelar Aksi Nasional

Sementara itu, Ketua Umum SP-PBB RUIII, Muhammad Yunus juga memberikan tekanan kepada pemerintah. Apabila aksi ini tidak digubrik oleh pemerintah pihaknya akan melakukan aksi serentak secara nasional ke Jakarta.

"Apabila tidak respon rencana kami akan mendatangi pemerintah pusat ke Jakarta. Itulah aksi lanjutan secara besar-besaran,"tegasnya.

Dilanjutkan aksi yang dilakukan juga digelar serentak di berbagai kota khususnya di kilang pertamina. Dia berharapan itu pun di respon demi mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia. "Kami juga bekerja untuk Indonesia,"pungkasnya.

Penulis : Nandoenk
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Demo Lng

Komentar