23 Okt 2015 18:39

Rayakan 10 Muharram, Ribuan Warga Santap Bubur Asyura

Rayakan 10 Muharram, Ribuan Warga Santap Bubur Asyura

 

Kaganga.com, palembang - Ribuan warga sejak pukul 13.00 wib mulai memadati Majelis Taklim Raudatul Ilmi pimpinan Ustad H Taufik Hasnuri, di kawasan 12 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (23/10/2015).

Masnah(56), mengatakan hampir setiap tahun datang kesana untuk menyerbu pembagian bubur Asyurah, yang merupakan pembagian bubur rutin untuk menyemarakkan 10 Muharram, dan saat ini sudah pada tahun ke -15.

"Tiap tahun pasti kesini, tujuannya supaya dapat keberkahan selain itu buburnya juga enak lain dengan bubur biasanya," ungkapnya pada kaganga.com.

Sementara itu, pimpinan Majelis Taklim Raudhatul Ilmi, Ustadz Ahmad Taufiq Hasnuri mengatakan sejak tahun 1990-an mereka memasak bubur Asyura untuk dibagikan kepada ribuan warga kurang mampu di daerah tersebut.

"Membagikan bubur Asyura sebagai tradisi yang telah kami lakukan secara turun menurun dalam rangka memuliakan 10 Muharram," tuturnya.

Dia menjelaskan, 10 Muharram dalam sejarah Islam memiliki banyak makna dengan beragam kejadian yang luar biasa di zaman nabi yang berkaitan dengan kekuasaan Allah SWT, seperti Nabi Ayub yang sembuh dari penyakit kudis menahun.

"Intinya sedekah sederhana yaitu sedekah bubur, tapi kalau orang yang lebih mampu mungkin sedekahnya akan lebih besar. selain itu, tanggal 10 Muharram juga merupakan waktu berbagai hajat yang disampaikan nabi terkabul karena itu umat Islam sangat memuliakan," ujarnya.

Taufiq menambahkan, khusus untuk peringatan 10 Muharram tahun ini mereka menyiapkan 5 kuali besar bubur Asyura untuk makanan yang dibagikan kepada ribuan warga yang datang itu.

"Pembutan bubur Asyura menghabiskan beras 200kg, dagingnya 80kg, bawang merah 100kg, bawang putih 50kg dan bawang bombay 30kg," jelasnya.

Ia mengatakan, 10 Muharram waktu yang sangat tepat untuk saling memberi tetapi bukan berarti bersedekah di hari lain tidak berpahala.

"Karena itu, selain membagikan bubur, kami juga mendistribusikan dana untuk anak yatim piatu yang berasal dari anggota majelis taklim," imbuhnya.

Penulis : Fadhila Rahma
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Asyura Bubur 10 Muharram

Komentar