19 Mar 2020 15:45

"Sejumlah Mall di Palembang Sepi Pengunjung" Social Distancing?

Kaganga.com, Palembang - Mewabahnya virus Corona atau Covid -19 di Indonesia ternyata membuat tempat-tempat yang biasa dikunjungi masyarakat menjadi sepi, sama halnya dengan kebiasaan warga kota Palembang yang suka nongkrong di Mall, Sejumlah Mall di Kota Palembang juga mulai terlihat lenggang dan kosong semenjak Pemerintah Kota (Pemkot) mulai menerapkan kebijakan Social Distancing atau pembatasan sosial selama 14 hari dalam upaya memutus rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19.  Ketika jam makan siang yang biasanya mall dipenuhi pengunjung.

Sejauh ini tampak lebih sepi dari situasi normal, dan tempat-tempat makan serta kawasan dalam mall terlihat sedikit tenang.  Febri Ramadhan pegawai Baskin Robbins Ice Cream di Transmart Palembang mengatakan, dampak Covid-19 sangat berpengaruh terhadap kunjungan konsumen.  

"Di sini (Transmart Palembang) biasanya dari buka udah cukup rame apalagi menjelang siang. Sekarang gak terlalu walaupun masih ada yang main ke Mall," katanya Kamis (19/03/2020). 

Menurutnya, kunjungan orang ke Mall pun sedikit menurun. Apalagi di sore hari menjelang waktu Maghrib. Menurutnya, keadaan tersebut mungkin akibat banyak masyarakat yang tidak ingin berada di keramaian. 

"Mall biasanya setelah Maghrib makin ramai pengunjung lalu lalang. Tapi sejak pengumuman aturan libur 14 hari mempengaruhi kedatangan orang, mall jadi berkurang konsumen, bahkan pembelian produk kami mengalami penurunan sedikit walau gak signifikan," ungkapnya  

Terpisah, Public Relation Palembang Indah Mall Asikin menjeleskan, upaya mencegah penyebaran Covid-19, pihaknya mulai awal pekan depan pada 23 Maret mendatang, jam operasional mall akan berubah. 

"Jadi Senin - Kamis mall buka dari jam 11.00 - 20.00 dan Jumat, Sabtu, Minggu serta hari libur nasional mal buka dari pukul 10 pagi dan tutup jam 10 malem. Kebijakan ini diberlakukan selama satu bulan hingga 18 April," terangnya   

Dengan kebijakan tersebut. Harapannya,  para pelaku usaha atau pemilik tenant dapat menyesuaikan jadwal tenaga kerja dan memastikan karyawan memiliki cukup istirahat untuk terus memberikan pelayanan yang maksimal ke para pengunjung mal. 

"Kami terus memantau perkembangan dan berharap agar situasi segera membaik. Kami mengajak semua pihak untuk turut aktif berdoa dan menjalankan pola hidup sehat," pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Corona

Komentar