22 Mei 2020 16:45

Sejumlah Pohon dan Reklame Tumbang Akibat Hujan dan Angin Kencang

Sejumlah Pohon dan Reklame Tumbang Akibat Hujan dan Angin Kencang

Kaganga.com, Palembang - Puluhan pohon dan sejumlah reklame roboh akibat hujan deras disertai angin kencang yang menerpa kota Palembang, akibatnya pohon-pohon dan papan reklame tersebut melintang di sejumlah ruas jalan.  

Ada sekitar 20 pohon rubuh di seluruh wilayah Kota Palembang. Diantaranya Jalan soekarno hatta, Jalan Demang lebar daun, Jalan Talang Kerangga, Jalan Puncak Sekuning, Jalan Pom 9, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan perum sako kenten, Jalan Sofian kenawas gandus, Jalan Kapten Abdullah, Jalan Radial, dan beberapa wilayah Seberang Ulu.  

Berdasarkan analisis BMKG SMB II Palembang, hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat yang di Kota Palembang dan sekitarnya disebabkan oleh pengaruh tidak langsung dari pusat tekanan rendah dari siklon tropis Mangga dan tumbuhnya Tekanan Udara Rendah (Low Pressure Area) di samudera Hindia selatan pulau Jawa, berpengaruh menarik aliran massa udara dari Sumatera bagian Utara masuk ke wilayah Sumsel. 

Namun ketika massa udara tersebut sampai di wil Sumsel terjadi perlambatan gerak akibat belokan angin sehingga, massa udara bertumpuk dan mengakibatkan hujan lebat, dan angin kencang serta guntur di Palembang.  

Curah Hujan hingga pukul 14.30 WIB tercatat sementara sebesar 40 mm di Kota Palembang (hujan masih berlangsung) dan kondisi hujan ini masuk dalam kategori hujan sangat lebat (>20 mm/jam). Kecepatan angin maksimum tercatat 38 knots atau 72.2 km/jam.  

Kondisi cuaca ini diprakirakan masih akan berpotensi hingga tiga hari kedepan untuk wilayah Sumatera Selatan. 

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Pohon Tumbang

Komentar