7 Okt 2019 19:25

Si Jago Merah Mengamuk Hanguskan Satu Rumah Warga

Si Jago Merah Mengamuk Hanguskan Satu Rumah Warga

Kaganga.com, Palembang - Kembali terjadi, si jago merah mengamuk hingga menghanguskan satu rumah di Jalan Panca Usaha, Kelurahan 5 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I. Peristiwa ini terjadi Senin (7/10/2019), sekitar pukul 11.00 WIB.


Menurut informasi yang dihimpun Kaganga.com, sumber api disebabkan dari tungku kayu. Hal itu diutarakan oleh Ketua RT 60, Jazuli Husin.


Jazuli mengatakan kejadian rumah dalam keadaan kosong. Pemilik rumah M Sudarta (66) keluar rumah dan baru pulang usai mendapatkan kabar kalau rumahnya hangus terbakar.


"Asal api saya melihat dari arah dapur rumah yang berada di belakang, melihat api rumah saya yang bersampingan dengan rumah korban. Saya langsung melakukan tindakan dengan menelpon pemadam kebakaran serta memadamkan dengan cara gotong royong bersama warga setempat," ujarnya.


Jazuli menuturkan, ada warga yang menduga korban meninggalkan rumah dalam kondisi meninggalkan masakan yang menggunakan tungku kayu bakar masih menyala yang mengakibatkan satu rumah terbakar tanpa sisa.


"Alhamdulillah dengan kesigapan warga dan pemadam kebakaran api tidak menyebar ke rumah warga lainnya. Untuk kerugian sendiri kita belum mengetahui pasti kerugian yang dialami korban akibat kebakaran ini," ucapnya.


Sementara itu, pemilik rumah, M Sudarta mengatakan, pada saat kejadian dirinya sedang Mengganti batu jam tangannya yang tidak jauh dari rumahnya. "Waktu kejadian saya sedang mengganti batu jam tangan saya yang mati kurang lebih sekitar satu jaman," ungkapnya.


Saat ditanyai mengenai tungku kayu bakar tinggal menyala, Sudarta mengklaim bahwa sebelum pergi sudah dimatikan. "Waktu saya pergi tungku tersebut sudah saya matikan, tapi api berasal dari dapur rumah saya yang belum diketahui penyebabnya," tegasnya.


Di tempat kejadian, Wakil Kepala Kepolisian Sektor (Wakapolsek) SU I Palembang, Ipda Ahmad Sadikin membenarkan kalau api berasal dari dapur rumah milik Sudarta yang merupakan pensiunan tentara.


"Dugaan sementara dari informasi yang kita dapatkan di lapangan, bahwa asal api dari tungku kayu api yang ditinggalkan dalam kondisi masih menyala," bebernya.


Untuk memastikan penyebab kebakaran ini, Sadikin menambahkan akan bekerjasama dengan tim identifikasi Polresta Palembang.


"Untuk korban jiwa tidak ada, namun kerugian material dipastikan mencapai ratusan juta lantaran adanya beberapa berkas berharga milik korban beserta 9 orang lainnya yang tinggal di dalam rumah," imbuhnya.


Berdasarkan pantauan di lapangan, api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 13.00 WIB dimana warga dan tujuh unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan berhasil menjinakkan api tersebut hingga tidak menyambar ke rumah warga lainnya.

Penulis : Nandoenk
Editor : Riki Okta Putra

Tag : panca usaha kebakaran

Komentar