10 Jan 2020 15:00

Sungai Lematang Meluap Rendam Puluhan Rumah Warga Lahat

Sungai Lematang Meluap Rendam Puluhan Rumah Warga Lahat

Kaganga.com, Lahat - Meluapnya Air Sungai Lematang Akibat di guyur hujan semalaman mengakibatkan puluhan rumah di beberapa Desa Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terendam Banjir akibat luapan sungai.  

Marjono selaku Kepala BPBD Kab. Lahat saat di hubungi via WA membenarkan bahwa banjir yang melanda beberapa desa di Kab. Lahat akibat dari meluapnya suangai Lematang.  

"Akibat dari banjir ini, 78 rumah di Kec. Kicin Timur, Ds. Gunung Kembang, Kec. Pulau Pinang, Ds. Tanjung Sirih, Ds. Lubuk Sepang, Kec. Dumai Talang, Ds. Kembang Baru ,Kec. Konseksu, Ds. Muara Cawang, Ds. Lubuk Tubol terendam banjir, 12 diantaranya hanyur terbawa arus," terang Marjono, Rabu (9/1/2020).  

Selain itu, Lanjut marjono, ketika peristiwa itu terjadi 3 orang warga hanyut terbawa banjir dengan arus yang cukup deras. "Syukur ke 3 warga itu berhasil di temuka  dalam kondisi selamat," ungkapnya.  

Pihaknya pun sampai saat ini melakukan kaji cepat, berkoordinasi dengan instansi terkait dan menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada.

"Sampai sore hari ini banjir sudah berangsur surut, akan tetapi kita himbau pada warga untuk seelalu waspada karena menurut prediksi BMKG hujan dapam Intesitas tinggi masih akan mengguyur Kab. Lahat," ujarnya.  

Sementara itu Gubernur Sumsel Herman Deru ketika di tanyatakn terkait  Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru langsung menginstruksikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel untuk turun ke lokasi bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam.

"Saya sudah menginstruksikan kepada BPBD Provinsi Sumsel untuk malam ini segera ke lokasi bencana banjir," katanya. 

Pihaknya menginstruksikan BPBD Provinsi Sumsel turun kelokasi pada malam hari ini bertujuan untuk mencari informasi dan data secara keseluruh terkait bencana banjir tersebut. "Setelah mengumpulkan informasi dan data saya minta untuk segera melaporkan meski tengah malam," ujar Deru 

Deru menjelaskan, dari laporan tersebutlah nanti baru akan didapatkan apa yang harus dilakukan apakah akan diungsikan dan kebutuhan apa yang diperlukan. "Itulah saya intruksikan kepala BPBD Sumsel untuk ke lokasi dan kalau kondisinya dibilang layak harus didatangi saya datangi," jelasnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Banjir Lahat

Komentar