15 Jul 2019 17:45

Tunggak Gaji Hingga 3 Bulan, PT JSC Didemo PHL

Tunggak Gaji Hingga 3 Bulan, PT JSC Didemo PHL

Kaganga.com, Palembang - Kurang Lebih 150 orang pegawai JSC melakukan aksi unjuk rasa di kawasan Kantor Jakabaring Sport City. Belum kelar permasalahan penunggakan listrik, rupanya PHL (Pekerjaan Harian Lepas) kebersihan lokasi tersebut mengeluhkan penunggakan gaji yang belum dibayarkan selama lebih dari tiga bulan.  Salah satu PHL mengakui, keterlambatan gaji JSC sudah berlangsung sejak bulan April. "Habis bulan Juli masuk 4 bulan. Semenjak berubah jadi PT JSC yang sebelumnya dari pemda kami mulai gaji terlambat. Dulu paling telat tanggal 10 terlambat, biasanya gajian tanggal 5," kata wanita yang tidak mau di sebutkan namanya ini. 

Lebih lanjut , wanita yang sudah bekerja selama 9 tahun di JSC ini mengatakan, memang selama belum di gaji kami mengajukan kasbon, tapi informasi tidak disebarkan hanya ada beberapa yang tahu dan itu pun mengajukan.

" Ya itu motong gaji, sejuta itu karena butuh untuk hidup." tambahnya. 

Sementara PHL lain mengaku pembayaran gaji belum diberikan sejak bulan puasa tahun 2019 ini. "Sebelum bulan puasa pernah tapi selesai. Itupun karna kami demo dan Ini terjadi lagi," ungkapnya. 

"Dibayar perbulan, tapi dihitung harian. Perhari sekitar 80-85 ribu. Perempuan sekitar Rp2,6 juta kalau pria Rp2,8 juta. Sekarang paling tidak kami bisa bertemu dengan manajemen JSC, sampai sekarang hanya melalui staf keuangannya saja bu Marni. Belum pernah bertemu langsung dengan Dirut," lanjutnya   Direktur Utama PT JSC, Meina Fatriana mengatakan perihal penunggakan gaji PHL hanyalah masalah biasa. Dan membantah adanya keterlambatan pembayaran gaji. " Gaji gak ada masalah, kan mereka tiap bulan  , tinggal bulan apa itu mereka gak kosong semua," kata Meina saat dikonfirmasi via seluler, Senin (15/07/2019). 

Saat dikonfirmasi, pihak JSC menjelaskan jika selama beberapa bulan terakhir, PHL melakukan kasbon. "Mereka udah kasbon  semua, tiap bulan ada tiap hari kasbon. Gak mungkin sampe empat bulan, tanya mereka kasbon nggak," tambahnya 

"Mereka pun tiap hari kita kasbon sejuta-sejuta, tanya mereka, THR mereka di kasih tanya, coba ditanya. dapet gak THR waktu lebaran. Kedua bulan Maret satu bulan gaji sudah dikasih," tegasnya. 

Ditanyai lebih lanjut, Direktur Utama JSC tersebut malah menyarankan untuk menginformasikan hal yang baik. "Ini PHL hal biasa, coba kalian nyari berita yang baik, sebenernya gak ada permasalahan. Sebaiknya cari informasi yang inovatif dan bonavit," ungkapnya

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Jakabaring Sport Cit JSC Sumsel

Komentar