7 Mar 2018 19:15 | 183

Viral, Video Zukifli Hasan Bagi Bagi Uang Didampingi Salah Satu Calon Bupati

Viral, Video Zukifli Hasan Bagi Bagi Uang Didampingi Salah Satu Calon Bupati

Kaganga.com, Muara Enim - Sejak Selasa (6/3/2018) malam, ramai beredar di media sosial video Ketua MPR RI Zuklifli Hasan bagi bagi uang pecahan ratusan ribu rupiah kepada pedagang di sebuah angkutan desa.

Video Ketua Umum Partai Amanat Nasional yang berencana maju Pilpres 2019 tersebut juga bertepatan dengan agenda kampanye salah satu pasangan calon Bupati Muara Enim yang diusung PAN yakni Syamsul Bahri-Hanan di Kecamatan Muara Enim.

Padahal, berdasarkan UU nomor 10 tahun 2016 pada pasal 187 huruf (a) tentang Pilkada, telah mengatur sanksi tegas ancaman hukuman jika dalam pelaksanaan Pilkada itu terbukti melakukan politik uang.

Pada video itu terekam dengan jelas, ketika melakukan blusukan ke pasar tersebut, Zulkipli Hasan didampingi Cabup Syamsul Bahri, menemui beberapa ibu ibu pedagang sayur yang tengah naik mobil angkutan pedesaan hendak pulang ke desanya.

Zulkipli Hasan sempat berbincang dengan ibu ibu tersebut. Pada waktu berbincang tersebut, Zulkpli Hasan memanggil seseorang dan meminta sejumlah uang dalam bentuk pecahan Rp 100 ribu. Lalu uang tersebut dibagikannya kepada ibu ibu yang berada di dalam mobil angkutan pedesaan itu. Ketika membagikan uang itu, Cabup Syamsul Bahri mendekati Zulkipli Hasan dan posisinya berdampingan.
Setelah membagikan uang tersebut, Zulkipli Hasan dan Cabup Syamsul Bahri mengeluarkan kata kata terima kasih kepada ibu ibu tersebut sambil melambaikan tangan. Ternyata, kegiatan yang dilakukan Zulkipli Hasan didampingi Syamsul Bahri itu ada yang merekamnya dan menjadi viral setelah di upload di akun sosial media milik salah satu media cetak harian.

Rekaman video itu, akhirnya menimbulkan persoalan di publik. Terlebih lagi dari tim sukses kandidat pasangan cabup dan cawabup lainnya. Karena pada saat Zulkipli Hasan didampingi Cabup Syamsul Bahri melakukan belusukan ke pasar tersebut, bertepatan dengan jadwal pasangan Cabup Syamsul Bahri melakukan kampanye di wilayah dapil 1 meliliputi Kecamatan Kota Muara Enim, Ujanmas, Benakat, Gunung Megang dan Belimbing.
Kemudian lagi, Partai PAN merupakan salah satu partai pengusung Cabup H Syamsul Bahri yang berpasangan dengan Cawabup Ir H Hanan Zulkarnain pada Pilkada Muara Enim.

Terhadap beredarnya video itu, sejumlah pihak berencana akan membuat pengaduan secara resmi kepada Panwaslu Kabupaten Muara Enim. Selain itu, sejumlah pihak juga meminta Panwaslu untuk mengusut kasus tersebut, meski tidak ada laporan secara resmi. Karena kejadian tersebut sudah termasuk katagoru pelanggaran kampanye.

Sementara itu, Bambang Hermanto SH, selaku Ketua Tim Sukses Cabup Syamsul Bahri, yang berhasil dikonfirmasi mengaku belum mengetahui masalah video itu. “Saya belum tau masalah itu, karena saat itu saya lagi berada di Jakarta. Saat ini saya sedang makan di pasar,” jelas Bambang yang berhasil dihubungi melalui ponselnya.
Ditempat terpisah, Ketua KPUD Muara Enim, Rohani SH melalui Komisioner bidang tehnisnya, Ahyaudin, ketika dikonfirmasi mengaku telah mengetahui adanya video yang viral di sosial media tersebut. Namun pihaknya belum bisa menyikapinya dan mengomentarinya.

Kita belum belum mengomentarinya dan menyikapinya, karena masalah itu ranahnya Panwaslu,” jelas Ahyaudin.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Muara Enim, Suprayitno, ketika dikonfirmasi mengatak bahwa pihaknya belum menerima laporan secara resmi soal video tersebut. Namun secara pribadi dia telah mendapatkan laporan dan kirim video itu melalui beberapa masyarakat lewat akun whatsapp nya.

Jadi kami sifatnya masih menunggu laporan resmi masalah video itu. Dan laporan yang bisa diproses sesuai ketentuan tidak boleh lebih dari 7 hari sejak hari kejadian video tersebut,” jelas Suprayitno, Rabu (7/3).

Menurutnya, pihaknya mengharapkan adanya laporan resmi tersebut, karena jika laporan resmi tentunya sudah memenuhi unsure unsur formil maupun materil, sehingga bisa langsung diproses Panwanlu. Kalau ada laporan resmi tentunya akan lebih bagus lagi,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya juga tetap akan menjadikan video itu sebagai bahan temuan petugas Panitia Panwas Lapangan (PPL). “Jadi intinya kami masi menunggu laporan resmi,” jelas

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Zulkif bagi-bagi uang

Komentar