11 Mar 2020 18:30

Wakil Rakyat tak Jumpai Buruh yang Aksi Didepan Kantor Mereka

Wakil Rakyat tak Jumpai Buruh yang Aksi Didepan Kantor Mereka

Kaganga.com, Palembang - Ribuan Buruh yang melakukan Aksi Long March menolak rancangan undang-undang cipta kerja Omnibuslaw. Sayangnya, ketika sampai di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Selatan, tak satupun dari 75 Wakil Rakyat itu yang menenui pendemo.

Salah seorang kordinator Aksi menjelaska jika tujua pertama dari Long March yang mereka lakukan yakni menyampaikan tuntutan di kantor Pemerintahan Provinsi Sumsel. Masa aksi merasa puas karena Gubernur Sumsel turun langsung menemui masa dan menerima apa yang menjadi tuntutan mereka dan akan disampaikan ke pemerintah pusat.

Namun sayangnya, ketika melanjutkan aksi di kantor DPRD Sumsel, tak satupun angota DPRD Sumsel datang menemui Ribuan Buruh ini.

"Anggota DPRD kalian itu dipilih oleh rakyat, kemana kalian saat kami hendak mengadu," ujar salah seorang perwakilan buruh dalam orasinya, Rabu (11/3).

Dalam orasinya, ia menyampaikan apa yang menjadi tuntutannya, ribuan buruh ini menyampaikan empat tuntutan. Pertama mereka memohon perlindungan hukum dan keadilan. Kedua, massa menolak rancangan undang-undang cipta kerja Omnibuslaw, ketiga menuntut dikeluarkannya kluster ketenagakerjaan dalam rancangan undang-undang cipta kerja Omnibuslaw. Poin ke empat, massa meminta gubernur Sumsel dan DPRD Sumsel untuk turut mendukung perjuangan buruh dalam menolak rancangan undang-undang cipta kerja Omnibuslaw

Sedangkan Hermawan dari Konfederasi Serikat Buruh Indonesia Sumsel pendemo sangat menyesalkan tidak seorang pun wakil rakyat yang menemui ribuan buruh yang datang dari penjuru Sumsel.

" kami minta dukungan juga dari pimpinan DPRD Sumsel. Agar apa yang kami suarakan ini disampaikan ke pemerintah pusat dan DPR RI," katanya.

Hingga siang masa tak kunjung ditemui anggota DPRD Sumsel, sampai Ketua Komisi V DPRD Sumsel Susanto Adjis melakuka Audiensi dengan masa Via Telefon melalui Kasub Aspirasi Sekretarian DPRD Sumsel sebagai penghubung.

Dari komunikasi telefon itu, Adjis mengatakan kalau saat ini dirinya berada di luar kota sedang kunjungan kerja Pansus.

"Kita sedang kunker pansus, apa yang di tuntut oleh teman - teman buruh akan kita tindak lanjuti," singkatnya.

Sampai akhirnya, didalam audiensi itu disepakati jika massa dan DPRD Sumsel kembali audiensi pada Senin pekan depan.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Omnibus Law Buruh DPRD Sumsel

Komentar