4 Nov 2020 17:00

Waspada Banjir dan Longsor, Curah Hujan Tahun Depan Diprediksi Lebih Tinggi

Waspada Banjir dan Longsor, Curah Hujan Tahun Depan Diprediksi Lebih Tinggi

Kaganga.com, Palembang - Masyarakat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di ingatkan untuk selalu tetap waspada terutama yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) ataupun yang tinggal di daerah rawan longsor. Hal ini mengingat Provinsi Sumsel telah memasuki musim Hujan meskipun intensitasnya belum tergolong tinggi. 

Akan tetapi, Kondisi curah hujan di wilayah Sumsel tahun depan diprediksi bakal lebih tinggi atau di atas normal dari tahun ini. Sehingga, perlu diwaspadai bencana banjir dan longsor yang sewaktu-waktu bisa terjadi di kawasan yang rawan. 

"Daerah DAS dan Dataran Tinggi sangat rentan jika sudah masuk musim penghujan terjadi Banjir dan Longsor. Sehingga kedua kawasan ini menjadi perhatian kami," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sumsel, Elbaroma, Rabu (4/11/2020).  

Lanjut Elbaroma menjelaskan jika kawasan DAS dan Daerah dataran tinggi perlu dilakukan mitigasi bencana sejak dini agar tidak menimbulkan kerugian bahkan korban jiwa. Sejuah ini pihaknya telah melakukan mitigasi dengan melakukan pemahaman kepada warga yang berada di sekitar DAS dan dataran tinggi.  

"Dampaknya kita minimalisir semaksimal mungkin. Sehingga, korban jiwa maupun harta benda bisa dihindari,” terangnya.  

Kata dia, pihaknya juga telah memetakan sejumlah Kabupaten Kota di Sumsel yang dianggap rawan terjadi bencana Banjir dan Longsor.  

"Wilayah yang rawan Banjir terserang yakni di Kota Palembang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, OKU Selatan, Musi Banyuasin, Musi Rawas Muratara dan Ogan Ilir, Sementara untuk bencana longsor berada di Kabupaten Lahat, Empat Lawang, Muara Enim, OKU Selatan, Kota Lubuk Linggau dan Pagaralam," ungkapnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Curah Hujan Sumsel

Komentar