8 Okt 2019 20:30

118 Kali TMC Guna Atasi Karhutla

118 Kali TMC Guna Atasi Karhutla

Kaganga.com, Palembang - Berbagai upaya terus dilakukan untuk membantu pamadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Salah satu upaya yang dilakukan yakni menggunakan Tekhnologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel mengatakan, sepajang karhutla 2019 TMC sudah dilakukan sebanyak 18 kali.

"Tercatat dari 28 September sampai 3 Oktober 2019 TMC sudah dilakukan sebanyak 18 kali. Tujuannya untuk mendatangkan hujan di beberapa wilayah sehingga mampu meminimalisir terjadinya Karhutla," jelas Ansori saat di hubungi, Selasa (08/10).

Dari 18 kali TMC yang dilakukan, Ansori menerangkan jika sudah menghabiskan 14,4 ton garam yang di semai. "TMC ini dilakukan di beberapa wilayah seperti di Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), dan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Dari TMC yang dilakukan, berhasil mendatangkan hujan, meskipun intensitasnya tidak seperti musim hujan," jelasnya.

Selain TMC, Ansori mengatakan jika pihaknya terus melakukan Water Boombing dengan menggunakan HeliKopter. Selama ini sebanyak 512 kali Water Boombing dilakukan.

"Ada 9 Helikopter yang kita siapkan untuk Water Boombing, pesawat ini telah terbang sebanyak 521 kali untuk melakukan waterboombing," terangnya.

Tambah Ansori, Pihaknya terus berupaya memadamkan Karhutla, Dalam pemadaman Karhutla sendiri terkadang menemui kendala salah satunya sulitnya akses menuju lokasi. "Tim satgas darat tidak mampu menjangkau lokasi kebakaran dan mengandalkan pemadaman udara, kami akan selalu berupaya doakan saja karhutla cepat berlalu," tukasnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Modifikasi Cuaca Karhutlah

Komentar