10 Feb 2020 19:00

Bea Cukai Palembang Perketat Pemeriksaan Terkait Penyebaran Virus Corona  

Bea Cukai Palembang Perketat Pemeriksaan Terkait Penyebaran Virus Corona  

Kaganga.com, Palembang - Terkait penyebaran virus Corona, Pihak Bea Cukai Palembang memperketat pemeriksaan barang-barang yang masuk melalui pengiriman maupun melalui penumpang di Bandara Internasional SMB II ataupun kiriman paket pos dan jalur laut Pelabuhan Boombaru.    Hal tersebut merupakan fungsi Bea Cukai Palembang sebagai  Community  Protector paling utama.    

Kepala Bea Cukai Palembang, Abdul Haris melalui Kepala Penyuluhan dan Layanan Informasi, Dwi Hermawanto mengatakan, pihaknya sejauh ini telah memberikan penyuluhan dan informasi  kepada anggotanya terkait virus Corona dan penyebarannya.   

Langkah Antisipasi yang dilakukan pemeriksaan tidak lain, menggunakan alat pelindung diri, tetap menjaga kebersihan, sebelum dan sesudah bertugas. Lalu, membekali dengan pengetahuan tentang penyebaran, gejala, cara penyebaran, negara – negara mana yang sudah terindikasi, serta barang barang apa saja yang bisa dicurigai membawa bibit penyakit, baik berupa makanan ataupun buah buahan.   

"Petugas kita di lapangan aktif mengawasi barang yang dibawa para penumpang, terutama makanan yang bersifat basah dan sangat mudah menjadi media penyebaran virus dan bibit penyakit, seperti corona,” ucap Dwi, Senin (10/2/2020).   

Dwi juga menambahkan pihaknya di lapangan juga senantiasa berkoordinasi dan bekerjasama dengan pihak terkait seperti Karantina, Kantor Kesehatan Pelabuhan, BPOM, serta otorita bandara dan pelabuhan.    “Ya, kita semua bersinergi mengantisipasi virus atau penyakit ini,” tandasnya. 

Penulis : Nandoenk
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Virus Corona Bea Cukai

Komentar