8 Mei 2017 22:20 | 48

Beranyutan dan Lomba Rakit, Ribuan Peserta Arungi Sungai Lematang

Beranyutan dan Lomba Rakit, Ribuan Peserta Arungi Sungai Lematang



Kaganga.com, Lahat - Gelaran lomba rakit dan beranyutan di Kabupaten Lahat kembali digelar.

Setidaknya sebanyak 1.338 orang peserta tercatat menjadi peserta, baik itu di lomba rakit ataupun lomba beranyutan, yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat, kemarin.

Kegiatan ini sendiri dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Lahat 2017. Tingginya antusias masyarakat dan peserta, bahkan sampai ada yang datang dari luar daerah, seperti Empatlawang, Pagaralam dan juga Muaraenim, membuat Pemkab Lahat optimistis sektor pariwisata akan berdampak positif.

Kadis Pariwisata Lahat, H Deswan Irsyad mengatakan, even lomba rakit dan beranyutan yang digelar tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Terdata ada masyarakat dari luar daerah yang menjadi peserta. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mendongkrak sektor Pariwisata karena panorama alam yang ada di sepanjang aliran Sungai Lematang hingga ke Benteng Kota Lahat.

“Kegiatan ini juga warisan turun temurun yang selalu dilestarikan oleh masyarakat Lahat,” tegasnya.

Dinas Pariwisata ke depan terus mengupayakan aset wisata yang ada seperti air terjun dan megalith untuk terus diperkenalkan ke luar daerah. Terlebih saat ini, tidak sedikit masyarkat dari luar daerah dating untuk menikmati panorama dan keindahan alam yang dimiliki.

“Paralayang akan dikembangkan ke depan, begitu juga dengan sektor wisata lainnya,” kata dia.

Bupati Lahat Saifudin Aswari Rivai menegaskan, kegiatan lomba rakit dan beranyutan harus dilestarikan sehingga tidak pudar ditengah kemajuan zaman saat ini.

“Kita apresiasi kepada masyarakat yang sangat antusias mengikuti lomba rakit dan beranyutan bahkan tidak sedkit juga masyarakat yang menonton. HUT Lahat keXXV tahun 2017 harus menjadi tolak ukur agar kemajuan wisata dapat lebih berkambang,” pungkasnya.

Penulis : Roy JM
Editor : Roy JM

Tag : Beranyutan

Komentar