5 Feb 2018 19:15 | 80

Jalan Lingkar Desa Gedung Buruk Longsor

Jalan Lingkar Desa Gedung Buruk Longsor

Kaganga.com, Muara Enim - Intensitas hujan yang tinggi yang mengguyur Kabupaten Muara Enim beberapa waktu belakang berakibat pada struktur tanah yang menjadi labil.

Kondisi ini terjadi di jalan lingkar desa Gedung Buruk, kecamatan Muara Belide, Kabupaten Muaraenim. Jalan jadi longsor karena tergerus Sungai Meriak. Bahkan dua buah rumah terancam longsor karena hanya tinggal beberapa meter dibibir tebing Sungai Meriak.

Menurut Kades Gedung Buruk Saparudin, pertama kali longsor tersebuat terjadi Jumat (2/2) malam ketika hujan menguyur terus menerus sehingga membuat tanah jalan lembut dan tergerus sehingga menyebabkan jalan desa longsor dan sebagian badan jalan sepanjang 50 meter masuk ke dalam Sungai Meriak.

Masih dikatakan Saparudin, sebenarnya ada tiga titik tanah yang longsor di desanya, namun yang longsor terakhir yang cukup parah.

"Bahkan ada dua rumah warga yang terancam terkena longsor jika tidak segera ditanggulangi dengan pembuat beronjong atau semacamnya. Selain itu juga, ada beberapa tiang listrik yang terancam roboh karena sudah berjarak sekitar satu meter dari bibit sungai," terangnya, Senin (5/2), seraya menambahkan jika tidak cepat dipindahkan oleh PLN, bisa-bisa roboh kalau terkena longsor lagi.

Sementara itu, Camat Muara Belide Budi Purwanto, membenarkan beberapa desa di wilayah Kecamatan Muara Belide, terkena longsor seperti di desa Arisan Musi, Gedung Buruk dan lain-lain terutama desanya yang dilalui sungai Meriak.

"Kita sudah melaporkan masalah jalan longsor ke Pemkab Muaraenim. Warga minta dibuatkan beronjong supaya tidak longsor lagi," tukasnya.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Longsor Muara Enim

Komentar