13 Apr 2018 16:00 | 112

Masyarakat Ujanmas Tagih Pembangunan Jembatan

Masyarakat Ujanmas Tagih Pembangunan Jembatan


Kaganga.com, Muara Enim - Masyarakat Desa Ujanmas Lama, Kecamatan Ujanmas, Muara Enim menagih janji Pemkab Muara Enim yang akan membangun jembatan  permanen di desa tersebut pada tahun 2017 lalu. Soalnya sampai sekarang jembatan yang dijanjikan tersebut belum juga kunjung dilaksanakan.

Penagihan janji itu diutarakan Saiffudin, salah satu perwakilan masyarakat Desa Ujanmas Lama yang merupakan  anggota BPD Ujanmas Lama, pada  Rapat Koordinasi Dinas Instansi Pemkab Muara Enim Dapil I, Kamis (12/04/) di halaman kantor camat Gunung Megang. 

Rakor yang dipimpin Sekda Pemkab Muara Enim, Ir H Hasanudin MSI itu diikuti para Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, Kabag, Kabid, Camat, Kades, perangkat desa, tokoh masyarakat dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Pada Rakor tersebut,  Saiffudin mengharapkan agar pembangunan jembatan gantung permanen tersebut dapat segera direalisasikan. Karena jembatan gantung yang ada masih belum bisa mengatasi permasalahan akses menuju seberang Sungai Lematang.

"Jembatan permanen ini sangatlah dibutuhkan masyarakat karena jembatan gantung yang ada tidak dapat mengatasi volume kendaraan bermotor menuju seberang sungai Lematang dan kendaraan roda empat juga tidak bisa lewat melalui jembatan gantung tersebut. Apa lagi di seberang sungai tersebut terdapat sebuah dusun permukiman masyarakat dari dua desa yang ada di kecamatan Ujanmas," terangnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penata Ruangan (PUPR) Muara Enim, Ir H  Ahmad  Yani Herianto, pada  Rakor tersebut  menerangkan pembangunan jembatan permanen di Desa Ujanmas Lama sudah menjadi rencana sejak beberapa tahun lalu oleh PUPR. Namun sampai saat ini masih terdapat kendala biaya yang cukup besar. Tetapi pada  2018 ini Pemkab sudah mengalokasikan anggaran pembangunan jalan menuju jembatan tersebut.

"Jembatan Permanen ini memakan biaya cukup besar. Sudah ada Dana Alokasi Jalan ditahun 2018, namun dananya untuk pembangunan akses jalan menuju jembatannya dan dana pembangunan jembatan Permanen ini cukup besar contohnya pembangunan fondasinya saja mencapai 15 Miliar. Maka dari pada itu kita memerlukan dana APBN untuk pembangunannya, akan tetapi APBN juga masih mengalami kendala sampai saat ini masih mengalami defisit anggaran," jelasnya.

Menurutnya,  pada tahun 2018 ini Kecamatan Ujanmas mendapatkan jembatan gantung yang  nantinya diharapkan dapat menopang perekonomian masyarakat selama persiapan pembuatan jembatan permanen tersebut selagi masih dalam perencanaan pembangunan.  

"Ditahun 2018 ini kita akan membangun jembatan gantung di desa Ujanmas Baru untuk menopang perekonomian masyarakat sebelum jembatan permanen itu dibangun,"jelasnya. 

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Muara Enim Jembatan

Komentar