8 Jan 2019 18:55

Meski Hampir Kadaluarsa, UPTD Farmasi Masih Bagikan Obat ke Puskes

Meski Hampir Kadaluarsa, UPTD Farmasi Masih Bagikan Obat ke Puskes

Kaganga.com, Muara Enim - Berbagai jenis obat generik yang hampir kadaluarsa diduga masih dibagikan  oleh bagian UPTD Farmasi Dinas Kesehatan Muara Enim ke sejumlah Puskesmas yang ada di wilayah Muara Enim.  Itu membuat para petugas kesehatan yang ada dipedesaan menjadi khawatir menggunakan  obat tersebut dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat.

                 Wakil Kepala UPTD Farmasi Dinas Kesehatan Muara Enim, Agus Rasuli, yang berhasil dikonfirmasi mengakui adanya obat generik yang hampir kadaluarsa tersebut dibagikan ke Puskemas. Namun, lanjutnya, pihar Farmasi tugasnya hanya membagikan obat obatan tersebut kepada masing masing Puskesmas. 

                 Selanjutnya, katanya, pihak Puskesmas yang akan mendistribusikannya ke setiap Pustu maupun pusat kesehatan masyarakat lainnya yang ada di desa desa. 

               “Obat obatan yang kami simpan di UPTD Farmasi ini datang dari bagian pengadaan obat Dinas Kesehatan. Tugas kami hanya menerima obat, menyimpan dan selanjutnya membagikan ke masing masing Puskesmas,” jelas Agus, yang dijumpai di ruang kerjanya, Selasa (8/1).

                Menurutnya, kalau obat tersebut masa expayernya masih  1 atau 2 bulan lagi, masih tetap dibagikan.  Obat tersebut, tidak akan dibagikan jika sudah sampai waktu masa expayer. “Kalau obat itu sudah expayer ya kita tarik kembali,” terangnya.

               Dia mengaku, obat yang didatangkan dari bagian pengadaan Dinas Kesehatan Muara Enim jumlahnya mencapai ribuan jenis. Namun obat obat tersebut statusnya generik. 

              Dijelaskannya juga, obat obatan tersebut diterimanya dari bagian pengadaan obat Dinas Kesehatan setiap 6 bulan sekali. Kemudian masa expayernya tidak begitu lama. Tujuannya supaya obat tersebut bisa berganti terus.

            “Teman teman supaya lebih jelas masalah pengadaan obat obatan ini, bisa menanyakannya kepada Kasi Farmasi Dinas Kesehatan Muara Enim,” jelasnya.  

               Sementara itu, Kasi Farmasi Dinas Kesehatan Muara Enim yang dicoba awak media untuk mengkonfirmasikan permasalahan obat hampir expayer yang masih dibagikan tersebut, ternyata tidak berada di tempat.   “Orangnya lagi dinas luar ke Gelumbang,” jelas beberapa staf di Dinas Kesehatan Muara Enim. 

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : UPTD Farmasi Muara Enim

Komentar