9 Feb 2019 15:55

Pedagang DiPasar Berhamburan, Warga Minta Pasar Segera Diaktifkan

Pedagang DiPasar Berhamburan, Warga Minta Pasar Segera Diaktifkan

Kaganga.com, Muara Enim - Kondisi pedagang di Pasar Tradisional Muara Enim sejak terbakarnya kios masih nampak berhamburan disekitar pasar lama. Kondisi ini membuat semakin semerawutnya kondisi pasar.

Para pedagang memenuhi kiri kanan jalan yang kadang membuat kemacetan serta penumpukan kendaraan yang hendak melinta. Bukan hanya pedagang, para pembelipun menjadi salah satu sumber kemacetan.

Dari pantauan di lapangan, para pedagang yang sebelumnya memiliki kios di pasar, saat ini memilih tetap berjualan tidak jauh dari pasar tepatnya di jalan menuju kepasar karena taku kegilangan pelanggan.

Kondisi ini sudah berlangsung kurang lebih hampir 4 tahun sejak terbakarnya pasar. Pemerintah sudah membangun pasar yang baru, namun hingga saat ini belum selesai 100 persen sehingga belum bisa digunakan.

Ayu Pratiwi (31) Salah satu warga yang berbelanja di pasar tradisional ini mengeluhkan kondisi yang ada saat ini. Dirinya yang kerap berbelanja selalu merasa kesulitan bila hendak mencari bahan belanjaan karena posisi pesagang yang tidak tertata dan semrawut.

“Susuah kalau mau cari bahan belanjaan. Mau cari ikan kita harus kedalam. Nanti pas may cari sayurab harus ke depan lagi. Kita mesti ekstra tenaga buat mondar mandir. Belum lagi kendaraan yang melintas. Jadi tambah padat,” ujarnya.

Melihat kondisi ini, Ibu rumahtangga beranak dua ini berharap pasar yang barus sesegera mungkin dibuka sehingga tidak lagi berantakab dan macet bila akan berbelanja.

“Belum lagi kalau sesudah hujan ataw pas hujan turun. Jalannya jadi semakin becek. Apalagi kadang ada pedagang yang suka membuang sisa sampah dagangannya di sekitar tempatnya berdagang, seperti jeroan ikan atau ayam. Baunya jadi tambah mengganggu,” tuturnya.

Kondisi seperti ini diharapkan bisa segera direspon cepat oleh pemerintah. Mengingat kondisi pasar yang baru sudah hampir selesai. Dan sesegeranya para pedagang dipindah. Akan membuat pembeli dan pedagang semakin nyaman dan tidak lagi menyebabkan macet dan semerawut.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Pasar Muara Enim

Komentar