8 Okt 2019 19:45

Pemukiman Warga Nyaris Terbakar

Pemukiman Warga Nyaris Terbakar


Kaganga.com, Muara Enim - Musim kering bisa menjadi ancaman bagi warga khususnya yang berada tidak jauh dari hutan yang menglami kekeringan. Hal ini ter;ihat dari kebakaran hutan yang terjadi di dekat pemukiman warga tepatnys Perumahan Bougenvile Asri , Rumah Tumbuh, Kelurahan Muara enim, Selasa (810).
Dari pantauan dilapangan, Api yang cepat mebesar ini melahap lahan bekas persawahan seluas dua hektar yang terbakar dengan cepat, bahkan tiga pondok yang digunakan warga untuk berkebun ikut hangus terbakar.
Salah satu warga sekitar, Alfi, saksi yang pertama melihat kebakaran itu menuturkan, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 11.00 wib. Saat itu, ia melihat api telah menjalar lahan yang ditumbuhi rumput ilalang itu.
Melihat hal itu, Alfi bersama warga sekitar berusaha memadamkan api dengan ranting dan dahan yagn ada di dekat lokasi. "Sepertinya memang ada oknum yang sengaja membakar lahan tersebut," cetusnya.
Ditambahkan oleh Alfi, Kencangnya angin membuat api dengan cepat membesar dan menghanguskan lahan tersebut.Api baru bisa dipadamkan setelah Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Muaraenim menurunkan satu unit mobil damkar.
Lahan bekas persawahan yang terbakar itu jaraknya sangat dekat dengan permukiman warga. Terlihat lahan yang hangus dan masih mengeluarkan asap.Beberapa titik api masih ada. Tim damkar mengatakan, tidak dapat memadamkan apj tersebut menggunakan mobil damkar karena jaraknya yang tidak terjangkau. Api tersebut dipadamkan dengan cara disisir menggunakan dahan tumbuhan.
Selain menghanguskan lahan dan membakar toga buah pondok, petugas damkar menemukan ular sanca yang ikut terpanggang api. Ular dengan panjang satu meter itu tampak hangus dan mengeras.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : muara enim Karhutla

Komentar