8 Ags 2018 22:05 | 42

Penjual Harus Miliki Surat Sehat Hewan Kurban

Penjual Harus Miliki Surat Sehat Hewan Kurban

Kaganga.com, Palembang - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang, Sayuti menyatakan untuk memastikan hewan kurban yang dijual dalam kondisi sehat, pihaknya mewajibkan penjual hewan kurban memiliki surat sehat. 

“Untuk penjualan hewan kurban, dicek kesehatannya dan setiap pedagang harus dipastikan memiliki surat keterangan sehat ini, setelah hewan dicek dan diperiksa kesehatannya, maka akan dikeluarkan surat keterangan sehat,” katanya, Rabu (8/8/2018).

Sayuti mengatakan, untuk pengawasan hewan kurban dari pemerintah melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban ke pedagang dan peternak. Kemudian, standar lainnya untuk hewan kurban ini harus sesuai dengan ketentuan untuk kurban. “Ya tentu harus sesuai ketentuan kurban, seperti usia hewan kurban baik sapi maupun kambing, tidak cacat dan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, ia menambahkan, hewan yang sehat itu, dilihat dari mata, telinga serta fisiknya. Jika hewan kurban itu terlihat lebih aktif maka dapat dipastikan hewan tersebut sehat, jika hewan tersebut terlihat lesu maka hewan tersebut sakit. “Kalau penyakit, memang biasa ditemukan tapi penyakit hewan biasa. Seperti flu atau cacingan,” pungkasnya.

Penulis : Achmad Fadhil
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Hewan Kurban Surat Sehat

Komentar