8 Ags 2018 23:20 | 43

Perindo Rutin Lakukan Fogging

Perindo Rutin Lakukan Fogging

Kaganga.com, Palembang - Rescue Perindo Sumsel makin gencar melakukan fogging di hari Sabtu dan Minggu. Pengasapan atau fogging dinilai sebagai salah satu cara menangkal penyakit demam berdarah dengue.

“Di akhir pekan, warga relatif punya waktu luang. Mereka juga lebih kenal kondisi setempat dan menunjukkan titik-titik lokasi sarang nyamuk yang jadi prioritas,” kata Ketua Litbang dan IT Rescue Perindo Sumsel Ahmad Mada Taufik di Palembang, Rabu (8/8).

Terbaru, fogging dilakukan di kawasan Jalan PDAM, Bukit Lama, Ilir Barat 1 dan Cempako Dalam, Bukit Kecil, Palembang. Dua lokasi tersebut merupakan dataran rendah, banyak terdapat saluran yang airnya kurang lancar mengalir sehingga dinilai rawan menjadi sarang nyamuk.
Fogging tersebut dilakukan atas permintaan warga yang khawatir dengan perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti. Terlebih saat ini merupakan musim pancaroba.
“Warga antusias dengan fogging ini. Selain karena gratis, juga karena kami cepat menanggapi permintaan masyarakat,” ujar Mada. Dalam kegiatannya, Rescue Perindo juga sering melibatkan kader Perindo baik tingkat DPW, DPD , DPC hingga DPRt, termasuk organisasi sayap seperti Grind Perindo.
Ditegaskannya, pihaknya berkomitmen merespons laporan dan permintaan warga dengan cepat. Lokasi yang diperhitungkan rawan akan segera diatur jadwal pelaksanaan foggingnya.
Dengan diperkuat 4 unit mesin fogger dan personel yang terlatih mengoperasikannya, Rescue Perindo dapat menjangkau permukiman dan kampung-kampung di Palembang dan sekitarnya.
“Sekali lagi ini fogging gratis, warga melalui Ketua RT atau RW dapat mengajukan permintaan untuk pengasapan. Di lokasi, nanti kita berkoordinasi bersama,” kata Mada yang juga Bacaleg Dapil 1 DPRD Kota Palembang yang meliputi Kecamatan Gandus, Ilir Barat 1, Ilir Barat 2, dan Bukit Kecil.
Saat fogging, warga juga membantu mengarahkan dan menunjukkan titik-titik lokasi yang sarang nyamuk. Saluran air terbuka dan tertutup, rumah, pekarangan, kebun dan fasilitas umum tak luput diasapi.
Ketua RT 70 RW 03 Bukit Lama, Parlin, mengapresiasi pengasapan ini karena efektif mengatasi berkembangbiaknya nyamuk berbahaya tersebut. “Terima kasih kawan-kawan Perindo, ini langkah antisipasi bersama upaya bersih-bersih lingkungan. Semoga terus berkelanjutan,” ujarnya.
Dalam waktu dekat, Perindo juga telah berencana menggelar fogging di kawasan lainnya. Menurut Mada, lokasi berikutnya adalah Kelurahan 36 Ilir, Gandus dan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang.
Terpisah, Ketua DPW Perindo Febuar Rahman Rahman mengatakan, pihaknya memadukan efektivitas pengasapan dengan kesigapan personel Rescue Perindo. Strateginya berupa inisiatif dua arah dinilai cukup baik.
“Pertama, Rescue Perindo turun ke lokasi atas permintaan warga melalui Ketua RT setempat. Kedua, kita mencermati kawasan yang berpotensi banyak serangan DBD kemudian mendatangi warga untuk berkoordinasi melakukan fogging,” katanya.
Gerak cepat organisasi sayap Partai Perindo ini, lanjut Febuar, juga didukung solidnya pengurus dan kader yang telah terbentuk hingga tingkat kelurahan. Pihaknya juga mensosialisasikan pentingnya kebersihan lingkungan karena berperan menjaga kualitas kesehatan. “Lingkungan dan kesehatan yang baik turut menentukan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Penulis : Achmad Fadhil
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Fogging Perindo

Komentar