13 Mei 2018 17:35 | 179

Ratusan Ulama Se-Sumsel Ikut Peringati Haul Ayahanda Ishak Mekki

Ratusan Ulama Se-Sumsel Ikut Peringati Haul Ayahanda Ishak Mekki

Kaganga.com, Palembang - Pada Sabtu (12/5) malam ada sedikit pemandangan berbeda di kediaman Calon Gubernur (Cagub) Sumatera Selatan (Sumsel) Nomor Urut Tiga (3), Ishak Mekki. Peristiwa yang menarik perhatian itu adalah hadirnya banyak ulama dari berbagai penjuru Sumsel di 17 kabupaten/kota.

Mantan Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) dua periode ini menerangkan bahwa dirinya bersama Istri, Tartila Ishak Mekki tengah mengadakan Haul Ayahanda mereka secara bersamaan.

"Kami mengadakan Haul Ayahanda Haji Achmad Mekki keempat belas dan Haul Ayahanda Muchtar bin Abdullah kedua puluh delapan," ujar Ishak.

Acara Haul ini kata Ishak diisi dengan pembacaan doa - doa dan ceramah tentang ilmu Islam. Kami mengenang semua yang diajarkan dan dicontohkan oleh Ayahanda.

"Melalui haul inilah kami bersilaturrahim dan juga saling mengingatkan untuk tetap di jalan yang telah diperintahkah oleh Allah dan Nabinya, Muhammad Sallallahu Alaihi Wa Sallam," ujar Ishak.

Cagub yang berpasangan dengan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Yudha Pratomo Mahyuddin ini menceritakan sekilas tentang Ayahandanya. Ia berkisah berkat didikan Ayahandanya, membuat dirinya sangat dekat dengan ulama dan pesantren.

"Beliau Ayahanda Ahmad Mekki lahir di Mekkah, pada umur tujuh belas tahun kembali ke kampung halaman Kayuagung. Berbekal kemampuan berbahasa Arab dan pengetahuan agama yang bagus, Ayahanda mendidik anak - anak warga untuk mengaji dan menimba ilmu agama," imbuh Ishak.

Sedangkan Ayahanda Muchtar bin Abdullah, Ishak mengingatnya sebagai figur yang lurus. Dan tercermin dari sikap Anaknya yang kini menjadi Istrinya yakni Tartila.

"Saya berterimakasih kepada Ayahanda Muchtar karena telah memiliki istri yang berakhlak mulia," pungkas Ishak.

Dikatahui pada acara Haul Ayahanda Achmad Mekki yang merupakan Hafiz Quran dan Ayahanda Muchtar bin Abdullah yang merupakan tokoh Muhammadiyah, disepakati komitmen Perjanjian Piagam Telaga antara Ishak Yudha dengan para Ulama se - Sumsel. Diberi nama Perjanjian Piagam Telaga karena diselenggarakan di Telaga, Bukit Besar, Palembang.

Menurut Juru Bicara Tim Pemenangan Ishak Yudha, Firdaus Hasbullah, Perjanjian Piagam Telaga ini hampir mirip yang dilalukan oleh Baginda Rasullah SAW, saat menyatukan seluruh bangsa dan suku di Kota Madinah. Isi semangatnya tetap sama yaitu Syiar Islam. Jika Rasullah menyatukan kaum Quraish dengan Yastrib. Ishak Mekki siap menyatukan para ulama dengan pemerintah daerah guna mewujudkan Sumsel yang lebih baik, damai, dan sejahtera.

“Dari isi perjanjiannya saja sudah dapat dipastikan demi kemaslahatan warga Sumsel, dan ini bukti keseriusan Ishak Mekki jika terpilih menjadi Gubernur ,beliau tidak akan Ingkar janji dan akan selalu menepati janjinya,” kata Firdaus.

Penulis : Achmad Fadhil
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Ishak Mekki Haul

Komentar