30 Jan 2020 15:50

Rencana Percantik Kambang Iwak dengan Air Mancur Menari, Pemkot Target Adipura

Rencana Percantik Kambang Iwak dengan Air Mancur Menari, Pemkot Target Adipura
net

Kaganga.com, Palembang - Mempunyai misi sebagai kota bersih dan mengemban piala Adipura ke 12 di tahun 2019, Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda kembali meninjau sejumlah taman kota. Salah satu taman yang menjadi perhatiannya yakni taman di Kambang Iwak (KI) sebagai ikon, dan satu-satunya taman terbesar di Palembang di tengah kota. 

"Ada beberapa taman yang kita tinjau, terakhir di taman KI. Kita lihat banyak yang harus diperbaiki, seperti sarana dan prasarana, fasilitas olahraga dan taman bermain anak-anak, toilet untuk kenyamanan masyarakat,” kata Fitrianti  

Rencananya, tahun ini Pemkot Palembang akan membangun air mancur menari dan dilengkapi pencahayaan. 

“Biaya perbaikan diperkirakan Rp3 sampai Rp6 miliar. Tahun ini kita anggarkan,” ungkapnga  

Menurutnya, Taman Kambang Iwak adalah taman pilihan masyarakat untuk rekreasi bersama keluarga. Selain letaknya strategis, sejumlah fasilitas juga disediakan. Hanya saja, fasilitas itu perlu diperbaiki dan ditingkatkan.  Selain itu,taman kota juga salah satu titik penilaian tim Adipura, sehingga perlu diberi perhatian khusus. 

“Yang kita harapkan dari masyarakat adalah kesadaran dan bersama-sama pemerintah menjaga kebersihan lingkungan. Tidak membuang sampah sembarangan, di sungai, drainase, ataupun tempat-tempat umum seperti taman kota. Alhamdulillah, saya lihat masyarakat sudah banyak mendukung untuk menjaga kebersihan lingkungan. Saya amati di media sosial, banyak masyarakat yang marah apabila ada oknum yang merusak atau membuang sampah sembarangan. Itu artinya masyarakat sudah peduli akan lingkungan,” jelasnya. 

Ia membeberkan bahwa Pemkot Palembang juga sudah membangun kurang lebih 29 titik pengelolaan sampah terpadu, sehingga dengan begitu sampah di kelurahan bisa ditanggulangi dengan cepat. 

“Ini salah satu syarat penilaian Adipura. Kita optimistis bisa meraih penghargaan tersebut.” bebernya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Affan Mahalli, mengatakan, pihaknya memang akan menambah fasilitas olahraga dan rekreasi dan Taman Kambang Iwak. 

"Untuk fasilitas olahraga sudah ditambah yang baru, tapi nanti kita tempatkan di tempat yang representatif, kemudian menambah toilet. Sebetulnya air mancur ada, tapi kurang maksimal, tahun ini kita akan percantik dan didesain lebih modern lagi,” terang Affan,

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Pemkot Palembang Kambang Iwak

Komentar