22 Mei 2020 15:05

Sambut Hari Raya dengan Kue Lapis Legit Khas Palembang

Sambut Hari Raya dengan Kue Lapis Legit Khas Palembang

Kaganga.com,Palembang - Mendekati Hari Raya Idul Fitri biasaya Masyarakat sudah sibuk mempersiapkan makanan makanan yang biasa disajikan pada hari Raya,  Tidak lengkap rasanya kalau merayakan hari raya tanpa ditemani kue lebaran. Apalagi saat tradisi bertamu, beragam menu makanan dan minuman wajib tersedia.  Seperti Kue lapis legit khas Palembang.

Selain praktis, kue lapis legit khas Palembang juga mudah dibuat. Menyajikan kue lapis legit dan berbagai kue basah lainnya  Gerai Bu Wani di Jalan Talang Kerangga Palembang membagikan bahan dan cara membuat kue yang dijual di Gerai nya. 

Seperti halnya, Pemilik Gerai Bu Wani pertama menjeladkan perbedaan lapis legit khas Palembang dengan kue basah lain adalah dari bahan dasar adonan. Jika biasanya, cara bikin kue pakai telur ayam. Lapis legit khas Palembang terbuat dari telur bebek. 

"Spesialnya lapis legit pake telor bebek dan teksturnya pulen lebih padat. Ini juga kenapa lapis legit harganya lebih mahal dibandingkan kue basah yang lain," katanya  

Tidak saja kue lapis legit khas Palembang yang dirinya buat. Beberapa kue jenis lain pun sering dipesan oleh konsumen saat momen-momen tertentu. 

"Hajatan, lebaran dan bisa order untuk kue acara lamaran sebagai menu antar-antaran. Tapi sebenarnya, karena ini industri homemade tahunan. Waktu lebaran jadi paling banyak yang pesen. Selain kue lapis, rata-rata kue kojo, maksuba dan delapan jam," ungkapnya  

Meski sudah puluhan tahun membuat kue basah, jelas Wani, ia terkadang masih sering kerepotan memenuhi keinginan konsumen. Apalagi jika sedang banjir permintaan. 

"Buat sendiri dibantu keluarga suami dan anak, kita gak ada pegawai karena rumahan dan memang musim lebaran saja buka pesanan dalam jumlah banyak," jelasnya. 

Memulai berbisnis sejak tahun 1999, Wani menceritakan, awal mula dirinya membuat kue karena tidak sengaja. Lambat laun usahanya pun berkembang dan dikenal masyarakat umum. 

Sekarang ia mampu menjual 600an loyang dalam satu bulan dengan harga per loyang mulai dari Rp112.000-185.000 untuk ukuran 20x20 cm. Sayangnya, COVID-19 mempengaruhi dagangannya hingga turun 40 persen. 

"Saya coba ada yang enak, banyak yang minta buatin akhirnya diseriusin. Lama-lama pelanggan makin banyak. Pertama kali langsung pesenan banjir tahun 2000an itu sampai buat 100 loyang di dikirim ke Pasar 26 Ilir. Tapi karena virus, yang pesen juga nurun. Mungkin karena gak boleh ke luar rumh kali ya," pungkasnya  

Bahan  25 butir telur bebek

500 gr gula pasir

300 gr margarin

1 kaleng susu kental manis 

Cara membuat 

1. Lelehkan mentega, diamkan sampai dingin

2. Kocok telur dan gula, sampai gula larut dan adonan tidak mengembang

3. Tambahkan susu kental manis, aduk rata

4. Masukkan margarin cair yang telah dingin, lau campur dan aduk rata

5.Olesi loyang menggunakan margarin, tuang adonan lapisan pertama, panggang menggunakan api bawah, lapisan kedua dan seterusnya menggunakan api atas

6. Setelah semua lapisan selesai, panggang kembali 10-15 menit dan tes tusuk. Apabila sudah matang, kue lapis legit khas Palembang siap tersaji

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Lapis Legit

Komentar