9 Apr 2017 20:55 | 64

Siswa SD Negeri 213 Upacara Satu Kali dalam Satu Tahun

Siswa SD Negeri 213 Upacara Satu Kali dalam Satu Tahun

Kaganga.com, Palembang - Upacara merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan setiap sekolah setiap hari Senin dengan tujuan membentuk jiwa disiplin pada siswa. Akan tetapi, hal ini berbeda yang dialami oleh siswa SD Negeri 213 Palembang yang hanya melakukan upacara satu kali dalam satu tahun.

Kepala SDN 213 Palembang, Parsi, tradisi upacara satu kali dalam satu tahun tersebut sudah ada sejak berdirinya sekolah dasar yang terlatak di Jalan Sungai Rasau Keramasan Palembang pada tahun 1982. "Kalau sekolah lain biasanya melakukan upacara satu kali dalam satu minggu. Sedangkan kita hanya bisa melakukan satu kali dalam satu tahun yakni pada 17 Agustus saja," katanya.

Dijelaskannya, upacara yang dilakukan tersebut juga dalam keadaan seadanya saja dengan memanfaatkan ruang kelas dan teras sekolah. Kondisi sekolah yang terletak di daerah rawa dan lapangan yang renda serta terendam banjir jika musim hujan datang menjadi faktor penyebab yang paling utama. "Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dulu pernah melakukan upacara di lapangan sekolah, namun semenjak adanya musim pasang pada tahun 2000 lalu dan hujan deras seperti saat ini menjadikan halaman yang terletak di bawah sekolah menjadi kolam air," ungkapnya.

Parsi berharap, ada perhatian dari pihak pemerintah untuk membangun halaman sekolah yang lebih tinggi agar bisa dimanfaatkan sebagai lapangan upacara siswa yang bisa dilakukan secara rutin setiap hari Senin seperti pada sekolah pada umumnya. "Upacara itu penting, sebab bisa mendidikan siswa yang lebih disiplin dan taat aturan. Dengan kondisi seperti ini, berbagai kegiatan siswa juga tidak bisa dilakukan dengan leluasa," terangnya.

Sementara itu, salah satu siswa kelas tiga SD Negeri 213 Palembang, Muhammad Rendi Ismail mengaku, selama sekolah dirinya tidak pernah upacara kecuali pada tanggal 17 Agustus saja. "Kami tidak bisa bermain karena lapangan dinoenuhi oleh air. Kegiatan ekskulpun dilakukan di dalam kelas," pungkasnya.

Penulis : Chandra Baturajo
Editor : Roy JM

Tag : Sekolah

Komentar