8 Jan 2019 20:20

Sudah Tiga Kali Jembatan Musi IV Dicuri

Sudah Tiga Kali Jembatan Musi IV Dicuri

Kaganga.com, Palembang - Jembatan Musi IV menjadi salah satu solusi yang efektif dalam mengurai Kemacetan di Kota Palembang. Hal itu terbukti setelah jembatan yang menghubungkan Kelurahan Kuto Batu Kecamatan Ilir Timur (IT) II dan Kelurahan 13 Ulu Kecamatan Seberang Ulu (SU) II tersebut dibuka.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengungkapkan, sejak dibuka pada 3 Januari 2018, jembatan dengan total panjang 1.130 meter tersebut mampu mengurangi kemacetan di Jembatan Ampera sampai dengan 30%.

"Jembatan ini jadi hal yang sangat penting bagi kita. Seperti yang pernah saya sampaikan, tidak mudah kita membuat jembatan, jadi saya berharap masyarakat dapat menjaga jembatan yang hari ini resmi kita buka full 24 jam," ungkapnya usai meresmikan jembatan Musi IV melalui kegiatan soft launching yang dilaksanakan hari ini, Selasa (8/1/19).

Harnojoyo mengatakan, kedepan jembatan ini akan dilengkapi dengan pengamanan, karena dari informasi Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) wilayah V tadi, sudah ada tiga kali tindak pencurian terhadap beberapa kabel untuk lampu jembatan.

"Tidak gampang kita membuat jembatan, tahun 1962 kita ada jembatan Ampera, dua puluh tahun kemudian atau tahun 1982 jembatan Musi II dan baru sekarang kita menambah lagi jembatan, sejak 2015 dari duplikat Musi II, Musi IV dan nanti akan segera diresmikan jembatan Musi VI. Jadi tolong dijaga dan dimanfaatkan dengan baik," imbuhnya.

Menurut salah seorang warga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU-TR) Provinsi Sumsel dan BBPJN yang sudah mewujudkan apa yang selama ini diimpikan masyarakat.

"Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak, baik masyarakat, pemerintah pusat, provinsi, sehingga jembatan keempat di Kota Palembang ini dapat terwujud. Kedepan, kami berharap Musi III dan beberapa flyover serta underpass dapat juga diwujudkan," harapnya.

Program selanjutnya jembatan ini akan terus ditingkatkan menjadi jalan yang menghubungkan jalan A Yani dan Perintis Kemerdekaan, dimana akan menjadi lingkar dalam juga yang tembus ke Tol Palindra, Tol Kapalbetung.

"Saat ini tahap pembebesan lahannya sudah kita laksanakan, tinggal tahap pembayaran. Dan Dinas PU-TR Provinsi juga dalam hal ini di kepalai Dharma Budi selaku Plt, telah menganggarkan dan siap dilaksanakan pada tahun 2019 ini," tandasnya.

Penulis : Nandoenk
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Musi IV Harnojoyo

Komentar