31 Jul 2020 21:10

Tempat Wisata Religi Bayt Al Quran Al Akbar Gandus Buka Bioskop Mini

Tempat Wisata Religi Bayt Al Quran Al Akbar Gandus Buka Bioskop Mini

Sajikan Beragam Film Sejarah Muslim,

Kaganga.com,Palembang - Membuat nyaman para pengunjung adalah tujuan utama bagi tempat Wisata religi Bayt Al Quran Al Akbar Gandus Palembang. Bahkan kalin ini tempat wisata satu ini bersiap untuk menyempurnakan kawasan destinasi bioskop mini bagi para pengunjung. Nantinya, wisatawan lokal maupun nasional bisa menyaksikan ragam film religi dan sejarah muslim bertema islami.

"Sebenarnya bioskop sudah ada sejak Idul Fitri kemarin, tapi masih ala kadarnya. Alhamdulillah hadir bantuan CSR untuk sound system dan fasilitas-fasilitas penunjang lain yang membuat bioskop jadi lebih baik," kata Inisiator Bayt Al Qur an Al Akbar, Ustaz Syofwatillah Mohzaib, Jumat (31/7/2020).

Menurutnya, setelah bioskop mini rampung dengan terbangun sempurna, nanti masyarakat yang hadir ke museum kaligrafi Al Quran raksasa terbesar di dunia ini, dapat lebih memperdalam pengetahuan tentang Islam melalui cerita-cerita muslim yang disiarkan.

"Film-film yang tayang seperti cerita awal dibangunnya wisata religi ini (Al Quran Besar) dan sejarah turunnya ayat-ayat suci Al Quran serta perjuangan dari para pejuang Islam," terangnya

Pria yang akrab disapa opat ini menerangkan, untuk menyaksikan kisah religi muslim di bisokop mini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan alias gratis dan tanpa dipungut biaya tambahan di luar tiket masuk.

"Kita buka mulai pukul sembilan pagi sampai lima sore, untuk biaya masuknya bagi orang dewasa Rp20 ribu dan anak-anak Rp15 ribu," bebernya.

Ketika perayaan hari besar seperti Idul Adha dan Idul Fitri,lokasi destinasi Bayt Al Quran Al Akbar Gandus Palembang memang menjadi wisata andalan bagi masyarakat Bumi Sriwijaya ataupun wisatawan luar Sumtra Selatan (Sumsel).

"Lebaran haji Alhamdulillah kita buka lagi, sebelumnya sempat tutup selama 4 bulan karena mengikuti protokol pemerintah dan demi kesehatan bersama. Pernah ada pengunjung datang terpaksa kita tolak," jelasnya.

Karena selama masa (penutupan lokasi) tersebut, semua karyawan di rumahkan. Bersyukur setelah new normal destinasi religi di Palembang ini kembali dibuka dengan simbolis hadirnya Gubernur Sumsel, Herman Deru.

Sebagai informasi, lokasi wisata religi Bayt Al Quran Al Akbar Gandus Palembang tampil dengan ukiran kaligrafi 30 Juz Al Qur'an dalam ukuran raksasa yakni 177 cm x 140 cm dengan ketebalan 2,5 cm.

Kaligrafi diukir di kayu tembesu yang terkenal awet. Masing-masing ukiran diberi warna dasar coklat dengan huruf Arab timbul warna kuning dan terdapat motif kembang, yang semakin menjadi daya tarik masyarakat untuk berkunjung.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Wisata Religi Bayt Al Qurán

Komentar