17 Apr 2020 12:55

Warga RT 36 Kelurahan Gandus Lakukan Protokol Pencegahan Covid dengan Warga

Warga RT 36 Kelurahan Gandus Lakukan Protokol Pencegahan Covid dengan Warga

Kaganga.com, Palembang - Langkah menekan penyebaran pandemi Covid-19 di kota Palembang juga dilakukan di lingkungan, warga RT 36 Kelurahan Gandus Kecamatan Gandus Palembang secara gotong royong dengan melakukan penyemprotan disinfektan diseluruh lingkungan warga. 

Ketua RT 36 Gandus, Sulyadi Amri mengungkapkan, sejak awal warganya sudah giat melakukan pencegahan masuknya Covid-19 ke pemukimannya. Beberapa kegiatan yang dilakukan yakni penyemprotan disinfektan, pembersihan lingkungan dan menyampaikan informasi hidup sehat ke warga. 

"Kita terus memberikan edukasi positif ke warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan. Kepada warga sesuai instruksi walikota agar memberikan informasi jika ada pendatang yang masuk ke RT 36 terutama pendatang dari luar yang sudah banyak pasien positif Covid-19 seperti Jawa, Jakarta dan daerah lainnya," jelas Sulyadi, Jumat (17/4/2020). 

Ia menambahkan, pihaknya pun berencana akan memperketat jalan masuk ke lingkungan RT 36 dengan membangun portal dan akan ditempatkan penjagaan sehingga bisa mengontrol pendatang. 

"Nanti untuk masuk ke lingkungan RT 36, akan diberlakukan sistem satu pintu (one gate system) sehingga kita bisa mengontrol warga luar yang masuk dan dikhawatirkan membawa virus ini," ungkapnya.  Bukan hanya itu, warga RT 36 melalui pengurus Musholla Ar Rahman pun telah memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 ini. 

Ketua Pengurus Mushollah Ar Rahman RT 36 Gandus, Eko Budianto mengungkapkan, penyaluran bantuan sembako ini sudah dilaksanakan tahap awal sebanyak 32 paket. 

"Bantuan ini hasil dari infak warga yang kita kumpulkan setiap bulannya. Hari ini kita salurkan kepada warga yang layak menerima terutama yang benar-benar terdampak Covid-19 ini. Bantuan tahap pertama ini berisikan beras 5 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter, gandum 1 kg, dan mie instan," ujar Eko. 

Menurut Eko, bantuan sembako ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan dan akan menyalurkan kepada warga yang ada di RT 36 dan RT 28 Gandus. 

"Sekarang baru warga RT 36 dan RT 28 yang kita salurkan, insya Allah ke depan akan lebih banyak lagi bantuan yang kita salurkan. Bagi warga yang ingin ikut menjadi donatur bisa menghubungi langsung ke Musholla Ar Rahman Perum PNS Pemkot Gandus baik uang tunai ataupun paket," pungkasnya

Penulis : Achmad Fadhil
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Palembang

Komentar