2 Sep 2021 16:10

SHM Dorong Pengembangan Perpustakaan Untuk Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

SHM Dorong Pengembangan Perpustakaan Untuk Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Kaganga.com,Palembang - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengadakan Stake Holder Meeting (SHM) Tahun 2021 yang dihadiri dan dipimpin oleh Pj. Sekda Prov Sumsel Ir. S.A.Supriono bertempat di Sumsel Command Center, Kamis (2/9/2021). 

Kata Sekda SHM ini bertujuan untuk membangun kesadaran tentang pentingnya pengembangan perpustakaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Juga untuk membangun dukungan dan komitmen dari stakeholder dalam pengembangan pelayanan Perpustakaan berbasis inklusi sosial.

"SHM ini sebenarnya juga untuk menyusun rencana sinergi yang berkelanjutan antar stakeholder," katanya, Kamis (2/9/2021).

Lanjut dia, Program kegiatan ini untuk mempromosikan perpustakaan berbasis inklusi sosial dikalangan masyarakat melalui beberapa kegiatan diantaranya, Perbaikan infrastruktur Gedung Perpustakaan Pembangunan gedung Baru perpustakaan sebagai pusat literasi masyarakat membangun kerjasama dengan berbagai pihak 

"Kita (Sumsel) juga ditunjuk Perpustakaan Nasional RI sebagai salah satu Provinsi penerima manfaat program kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2021 ", ucapnya.

Sejak tahun 2019 hingga 2021, masih kata Sekda, terdapat 53 Perpustakaan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dari 2784 Desa yang ada di Sumatera Selatan. "Sehingga masih terdapat 2731 Desa Iagi yang perlu mendapatkan perhatian", jelasnya. 

Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Analisis dan Pengembangan Budaya Baca DR. Adin Bondar, M.Si dalam sambutanya mengatakan, Bangga Melayani Bangsa, ini merupakan pertemuan pintu masuk dan penguatan literasi di sumsel secara maksimal 

"Presiden Jokowi Widodo sangat mengharapkan perlu sumberdaya yang harus kuat sebagai transformasi literasi masyarakat dalam pembangunan melalui budaya literasi one village", katanya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Inesalk

Tag : Pemerintah Provinsi

Komentar