12 Sep 2015 21:15

Tak Ada Taman Budaya, Pelukis Palembang Gelar Seni di Kantor Walikota

Tak Ada Taman Budaya, Pelukis Palembang Gelar Seni di Kantor Walikota

Caption Foto: Pemberian cinderamata berupa lukisan oleh Suharno pelukis serta seniman Palembang kepada Sultan Mahmud Badarudin III Prabu Diradja.

 

Kaganga.com Palembang - Kota Palembang merupakan kota sentral dan merupakan kota kaya di Sumatera, namun kepedulian terhadap kesenian disadari semakin menurun. Seperti yang diungkapkan Suharno, Pelukis asal Palembang dalam acara Pembukaan Pagelaran Seni dan Budaya di Kantor Walikota Palembang. Sabtu (12/9/2015).

Menurutnya, Palembang Merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang tidak mempunyai Taman Budaya. Hal tersebut membuat dirinya melakukan pagelaran seni langsung di kawasan pemerintahan yaitu di Kantor Walikota Palembang.

"Harapan saya di palembang ini ada Perguruan Tinggi Kesenian dan juga punya Taman Budaya yang memiliki struktur organisasi seniman," ujarnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, pagelaran seni dan budaya ini untuk melihat sejauh mana kepedulian pemerintah terhadap kesenian dan kebudayaan, selain itu juga untuk menggugah secara langsung kepada para petinggi daerah agar lebih peduli kepada kesenian dan kebudayaan.

Menaggapi hal tersebut, Ketua Forum Adat dan Budaya Palembang Idham Rianom S.Sos ingin menginvetarisir seluruh seniman Palembang mengingat seniman dan seniwati di Palembang cukup banyak.

Selain itu beliau akan mengusulkan kepada pemerintah agar membuat sanggar seni atau pasar seni untuk menampung kreatifitas para seniman dan seniwati di seluruh palembang dalam rangka menciptakan inovasi-inovasi baru serta melestarikan dan menjaga kesenian dan kebudayaan di Kota Palembang.

"Pemerintah sendiri sangat responsif dengan pagelaran seni ini, terlihat dari pemerintah yang memfasilitasi pagelaran seni dan budaya di kantor walikota ini," ungkapnya.

Menurutnya, potensi wisata di palembang itu banyak sekali seperti wisata alam, sejarah, kuliner dan spiritual. Sehubungan dengan itu, kita harus mencintai kebudayaan dan membangkitkan generasi muda untuk mencintai kebudayaan sendiri agar tidak terkontaminasi budaya asing.

Acara pagelaran seni dan budaya ini juga dihadiri langsung oleh Sultan Mahmud Badarudin III Prabu Diradja, Kepala Bidang Pengembangan Budaya Dan Pariwisata Palembang Lisa Surya A, serta para seniman dan budayawan Kota Palembang. (Agus)

Penulis : Achmad Kardo
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Pelukis Taman Budaya

Komentar