25 Des 2022 12:35

Launching NIPD di OKU Timur, Herman Deru : Layani Masyarakat Dengan Ikhlas dan Penuh Tanggung Jawab

Launching NIPD di OKU Timur, Herman Deru : Layani Masyarakat Dengan Ikhlas dan Penuh Tanggung Jawab

Kaganga.com,OKU TIMUR - Gubernur Sumsel H Herman Deru mengapresiasi langkah Bupati Kabupaten OKU Timur, H Lanosin Hamzah yang memberikan Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD) se-Kabupaten OKU Timur. 

"Luar biasa ide cemerlang Pak Bupati, saya baru terlapor di Sumsel baru Kabupaten OKU Timur yang memberikan NIPD kepada perangkat desa. Terima kasih sudah memberikan kenyamanan bagi perangkat desa," kata Herman Deru saat Launching NIPD di SMA 1 Kecamatan Belitang Madang Raya Kabupaten OKU Timur, Minggu (25/12).

Menurut Herman Deru NIPD mempunyai pungsi penting antara lain sebagai identitas  penting dalam sebuah  pemerintahan. 

"Perangkat desa ibarat anatomi dari sebuah tubuh pemerintahan. Artinya tidak ada organ tubuh ini tidak berpengaruh. Maka saya apresiasi Bupati OKU Timur," ujarnya.  

 Herman Deru mengintruksikan  Dinas PMD se Sumsel agar diperhatikan betul anatomi ini, bukan dari segi uang tapi jaminan martabat yang mereka pegang

"Kita tau kades ini tidak sembarang orang, artinya orang - orang yang benar terpilih oleh masyarakat," ungkapnya.

Herman Deru mengingatkan agar  perangkat desa untuk sapat  menggunakan manajemen komunikasi yang baik, karena manajemen ini penting. Serta menjaga harmonisasi karena ini  modal didalam semua aspek. Bahkan lanjut dia,  seragam yang kenakan  perangkat desa  juga mempunyai makna tersendiri sebab  di dalamnya ada  amanah, tanggung jawab terhadap masyarakat.  

"Kita ini pelayan masyarakat, maka ciri utamanya mau melayani dengan didasari keikhlasan," tegasnya mengingatkan.

Perangkat desa  lanjut Herman Deru mempunyai peran dalam mengawal pembagunan di daerah. Bahkan nanti ada Permendes terbaru tentang alokasi ketahanan pangan desa.

"Jadi dengan adanya alokasi itu bagaimana Sumsel itu nanti menjadi daerah yang kemandirian pangan," jelasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya Herman Deru menjawab keinginan para perangkat desa agar NIPD  dapat menjadi anggunan bagi modal usaha. 

"Perangkat desa ini akan mendapatkan kartu dari Bank Sumselbabel. Maka saya perintahkan untuk menjadi anggunan bagi pinjaman modal usaha. Ini bisa mendapatkan KUR untuk modal usaha baik itu untuk pertanian ataupun usaha lainnya," tutup Herman Deru.

Sementara itu, Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) OKU Timur,  Firdaus menyebut sebanyak  800 anggota PPDI perwakilan seluruh desa di Kabupaten OKU Timur hadir. 

Dia berharap kehadiran  NIPD yang akan diberikan memberikan manfaat dan kemudahan.

"NIPD akan diberikan oleh BSB, kami minta kepada Pak Gubernur agar NIPD dapat menjadi anggunan pinjaman modal usaha," harapnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru dan Bupati Lanosin yang memberikan perhatian kepada perangkat desa salah satunya diberikannya NIPD.

"Kami akan terus mendukung setiap program Pemprov Sumsel dan Pemkab OKU Timur," pungkasnya

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Inesalk

Tag : Pemerintah Provinsi

Komentar