8 Mar 2016 01:10
Komunitas Akademi Berbagi Palembang

Disini, Berbagi Ilmu Itu Sukarela

Disini, Berbagi Ilmu Itu Sukarela

Kaganga.com, Palembang - Saat ini untuk mendapatkan keterampilan dan wawasan sulit untuk didapat tanpa membayar. Namun berbeda dengan apa yang Komunitas Akademi Berbagi Palembang lakukan. Komunitas ini hadir di tengah komersilnya dunia pendidikan dengan memberikan keterampilan dan wawasan dengan sukarela.

Dikatakan, Joni Kepala Sekolah Akademi berbagi Palembang, usai melaksankan kelas belajar di Dunkin Donat, Jalan Demang Lebar Daun, Senin (7/3/2016), berdirinya Akademi tersebut sudah sejak tahun 2012 di Palembang. Komnitas ini sendiri berpusat di Jakarta dan berdiri pada tahun 2011. Pada prinsipnya dalam Akademi ini pihaknya membuat bagaimana belajar itu menyenangkan, yang mana dahulunya prinsip tersebut telah di lakukan Kihajar Dewantara yang juga membuat cara belajar yang menyenangkan dengan membuka belajar di taman.

"Kita buat kelas singkat kecil, dengan membahas ilmu yang bisa diaplikasikan setiap hari terkait profesi dan keahlian. Pesertanya disebut Akberian, pengajarnya tetap disebut guru, yang meminpin sekolahpun tetap disebut kepala sekolah," katanya.

Untuk mengetahui Jadwal ataupun yang lainnya mengenai sekolah ini dapat dilihat melalui sosial media seperti, Instragam, ataupun Twitter dengan nama @akberplb.

Tujuan adanya Akademi inipun sebagai sarana berbagi ilmu secara gratis. Pesertanya tidak dipungut bayaran bahkan gurunyapun tidak dapat honor.

"Kita sebagai relawan dengan mengelola kelas ini, kalau untuk tempat belajar biasanya ada donatur yang siapkan. Kita lakukan dengan sukarela, seperti hari ini , belajar di Dunkin Donat inipun kita diberi tempat gratis," ungkapnya.

Sementara itu, Bolang salah satu Guru yang juga seorang Blogger Indonesia, menyampaikan bahwasanya Akber berbagai ilmu agar dapat dipelajari oleh mereka juga, dalam kesempatan inipun terlihat antusiasnya sangat bagus sekali dari para peserta yang ingin belajar.

"Walau hanya sedikit ilmu yang dimiliki namun akan sangat bermanfaat jika dapat berbagi buat orang lain. Seperti hari iin, pelajaran mangenai Sosial Mediapun (Sosmed) harus dapat mereka pelajari juga karena sesuai dengan kemajuan jaman, jadi karena itu kita ajarkan juga tentang digital Marketing," pungkasnya.

Penulis : B Kurniadi
Editor : Riki Okta Putra

Tag : AKberian Berbagi Sukarela

Komentar